Hubungan antara keterampilan bermain bowling dengan kemampuan berhitung permulaan: Penelitian di Kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung

Hendraningtyas, Irma (2020) Hubungan antara keterampilan bermain bowling dengan kemampuan berhitung permulaan: Penelitian di Kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung, ditemukan terjadi kesenjangan antara tingginya keterampilan bermain bowling dengan rendahnya kemampuan berhitung permulaan. Hal ini terlibat bahwa keterampilan bermain bowling anak sudah bisa mengarahkan bola tepat sasaran. Namun berbeda halnya dengan kemampuan berhitung permulaan anak masih kesulitan dalam mengetahui bentuk angka, belum mampu menulis angka, serta belum mampu menyebutkan lambang bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas keterampilan bermain bowling di kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung; (2) Realitas kemampuan berhitung permulaan di kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung; dan (3) Realitas hubungan antara keterampilan bermain bowling dengan kemampuan berhitung permulaan di kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung. Penelitian ini bertolak dari suatu pemikiran bahwa bermain bowling dapat mengasah kemampuan berhitung permulaan anak usia dini karena dalam bermain bola bowling anak dapat menghitung bola pin bowling yang digunakan dalam permainan tersebut. Hal ini berarti keterampilan bermain bola bowling berhubungan dengan kemampuan berhitung permulaan. Oleh karena itu, dapat di rumuskan hipotesis semakin tinggi keterampilan bermain bowling, semakin tinggi pula kemampuan berhitung permulaan demikian pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung yang berjumlah 14 orang. Penelitian ini menggunakan Teknik sampling jenuh. yang berarti semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan bermain bowling diperoleh nilai rata-rata sebesar 64. Angka tersebut berada pada interval 60 – 69 dengan kategori cukup. Sedangkan kemampuan berhitung permulaan diperoleh nilai rata-rata sebesar 71. Angka tersebut berada pada interval 70 – 79 dengan kategori baik. Hubungan antara keterampilan bermain bowling dengan kemampuan berhitung permulaan diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,54. Angka koefisien korelasi ini termasuk pada kategori cukup kuat/sedang karena berada pada interval 0,400 – 0,599. Hasil signifikan diperoleh harga thitung = 2,224 > ttabel 2,179, artinya Ho (Hipotesis nol) ditolak dan Ha (Hipotesis alternatif diterima). Dengan kata lain keterampilan bermain bowling memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kemampuan berhitung permulaan di kelompok B RA Al-Wafi Panyileukan Kota Bandung. Adapun kontribusi keterampilan bermain bowling terhadap kemampuan berhitung permulaan sebesar 29,16%. Hal ini menunjukan terdapat 70,84% faktor lain yang mempengaruhi kemampuan berhitung permulan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampila;n Bermain Bowling; Kemampuan Berhitung Permulaan
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Irma Hendraningtyas
Date Deposited: 09 Apr 2021 08:48
Last Modified: 09 Apr 2021 08:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38663

Actions (login required)

View Item View Item