Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral dan relevansinya bagi anak usia sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah

Sari, Eka Widiya (2020) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral dan relevansinya bagi anak usia sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilandasi atas sastra dan pendidikan karakter pada anak usia Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Saat ini, sastra dapat digunakan sebagai media pendidikan, sebagai contoh karya sastra yang bisa digunakan sebagai media pendidikan adalah novel. Novel merupakan sebuah cerita yang menceritakan pelaku atau tokoh mulai dari kecil hingga menjadi dewasa, cerita tersebut bergerak dari satu adegan ke adegan lain dengan waktu yang cukup panjang. Novel memiliki keterkaitan dengan pendidikan, seperti novel Anak Sejuta Bintang. Novel ini merupakan sebuah novel edukasi yang terdapat nilai-nilai pendidikan karakter didalamnya. Pemilihan novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral dilatarbelakangi oleh adanya keinginan memahami serta menggali nilai-nilai pendidikan karakter yang tercermin dari sikap tokoh dalam novel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada didalam novel Anak Sejuta bintang karya Akmal Nasery Basral serta untuk mengetahui relevansinya nilai pendidikan karakter dalam novel dengan anak usia Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Anak Sejuta Bintang karya Akmal Nasery Basral memiliki relevensi bagi anak usia Sekolah Dasar. Hal ini membuat novel menjadi salah satu bentuk karya sastra yang dapat digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada pendidikan dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analisis dengan menggunakan objek Novel Anak Sejuta Bintang sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini yaitu dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis isi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 15 nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel anak sejuta bintang yaitu: nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, serta tanggung jawab. Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dengan anak usia Sekoah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah adalah bahwa nilai pendidikan karakter dalam novel Anak sejuta Bintang terdapat kesesuaian antaran nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel dengan kompetensi dasar yang digunakan dalam kurikulum Sekolah Dasar ataupun Madrasah Ibtidaiyah serta novel ini dapat digunakan sebagai bahan bacaan yang dapat menginspirasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Novel
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Sari Widiya
Date Deposited: 07 Oct 2020 04:12
Last Modified: 07 Oct 2020 04:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34066

Actions (login required)

View Item View Item