Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi Perubahan Lingkungan

Salamah, Ummu (2019) Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi Perubahan Lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan di abad XXI yang begitu pesat menjadikan kreativitas hal yang penting untuk dikembangkan. Pada saat wawancara dengan guru Biologi di SMAN 1 Cibitung diperoleh informasi bahwa peningkatan berpikir kreatif siswa belum pernah diukur dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Dari hasil kegiatan wawancara tersebut dipilihlah model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam proses pembelajaran yang berpusat pada kegiatan siswa sedangkan guru hanya berperan sebagai fasilitator. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran creative problem solving (CPS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design dimana kelompok kontrol maupun eksperimen tidak dipilih secara random. Pengambilan sempel menggunakan teknik purposive sampling , dengan sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas X MIA 7 kelas eksperimen dan X MIA 1 kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran creative problem solving memperoleh rata-rata sebesar 89,39% aktivitas guru dengan kategori sangat baik dan 83,26% aktivitas siswa dengan kategori baik. Keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain 0,61 dan kelas kontrol N-Gain 0,52. Respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model creative problem solving memiliki nilai rata-rata sebesar 3,7 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh model creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan dengan thitung (2,5) > ttabel (1,66).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Creative Problem Solving; Keterampilan Berpikir Kreatif; Perubahan Lingkungan
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ummu Salamah
Date Deposited: 27 Sep 2019 03:10
Last Modified: 27 Sep 2019 03:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24117

Actions (login required)

View Item View Item