Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compositions (CIRC)terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem saraf manusia

Amaliah, Dwinda Pelita (2018) Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compositions (CIRC)terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem saraf manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yakni hasil belajar siswa pada materi sistem saraf yang nilainya masih dibawah KKM. Melalui model pembelajaran CIRC diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar karena dapat melibatkan siswa dalam mengeksplorasi pengetahuan dan keterampilan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model CIRC, menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran CIRC, menganalisis perbedaan hasil belajar siswa dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran, serta menganalisis respon siswa terhadap model pembelajaran CIRC pada materi sistem saraf manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non-equivalent kontrol group. Sampel penelitian menggunakan dua kelas yakni kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar observasi, tes hasil belajar (pretest dan posttest), dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan guru penerapan model CIRC 100% dan keterlaksanaan siswa 96,15% keduanya dalam kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen memperoleh pretest 47,22, posttest 70, N-gain 0,42 (sedang), sedangkan kelas kontrol memperoleh pretest 45,93, posttest 64,43, N-gain 0,33 (sedang). Hasil uji posttest siswa kelas eksperimen dan kontrol memperoleh t hitung (6,48) > t tabel (2,00), Ho ditolak, artinya kedua kelas tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dengan dan tanpa menggunakan model pembelajaran CIRC. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dapat membantu hasil belajar siswa pada materi sistem saraf manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: CIRC;Hasil Belajar;Sistem saraf
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dwinda Pelita
Date Deposited: 23 Oct 2018 03:05
Last Modified: 23 Oct 2018 03:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15989

Actions (login required)

View Item View Item