Tanggapan siswa terhadap kompetensi pedagogik guru hubungannya dengan motivasi belajar siswa di SMPN 17 Kota Bandung

Nurajijah, Ai Irma (2018) Tanggapan siswa terhadap kompetensi pedagogik guru hubungannya dengan motivasi belajar siswa di SMPN 17 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Secara umum penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa guru menempati keududukan sebagai figur sentral dalam proses belajar mengajar. Mereka dituntut untuk mengembangkan pendidikan sesuai dengan kemajuan ilmu ilmu pengetahuan dan teknologi. maka dari itu, sangat penting sekali bagi guru menguasai berbagai kompetensi, salah satunya yaitu kompetensi paedagogik. Kompetensi paedagogik yaitu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap kompetensi paedagogik guru; untuk mengetahui realitas motivasi belajar siswa mengikuti pelajaran PAI; dan untuk mengetahui realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap kompetensi guru PAI dengan motivasi belajar mereka dalam mengikuti pelajaran PAI. Penelitian ini bertolak dari asumsi teoritik yang menyatakan bahwa salah satu faktor yang yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah tanggapan siswa terhadap kompetensi paedagogik guru itu sendiri. Yang menjadi objeknya yaitu kompetensi paedagogik guru dengan indikator kemampuan dalam memahami peserta didik, kemampuan dalam membuat perancangan pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, Kemampuan dalam mengevaluasi hasil belajar, dan kemampuan dalam mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Sedangkan indikator dari variabel Y yaitu motivasi belajar adalah : Durasi kegiatan, Frekuensi kegiatan, Persistensi kegiatan, Ketabahan, Keuletan, Devosi dan pengorbanan, Tingkat aspirasinya, Tingkat kualifikasi prestasi, Arah sikap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode korelasi. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan angket yang disebarkan kepada 34 orang siswa kelas VIII SMPN 17 Kota Bandung sebagai responden. Data kuantitatif diperoleh dan dianalisis menggunakan analisis statistika. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) realitas tanggapan siswa terhadap kompetensi paedagogik guru termasuk dalam kualifikasi tinggi, hal ini terbukti dari hasil skor rata-rata 15 item pertanyaan angket yang diajukan sebesar 4,21. (2) realitas motivasi belajar siswa mengikuti mata pelajaran PAI termasuk dalam kualifikasi tinggi, hal ini terbukti dari hasil skor rata-rata 15 item pertanyaan angket yang diajukan sebesar 4,05. (3) tanggapan siswa terhadap kompetensi guru PAI hubungannya dengan motivasi belajar siswa mengikuti mata pelajaran PAI termasuk dalam kualifikasi sedang, hal ini berdasarkan diperolehnya nilai koefisien korelasi sebesar 0,41 sehingga angka 0,41 ini berada pada interval 0,41 – 0,60 yaitu kualifikasi sedang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kompetensi paedagogik; motivasi belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ai irma Nurajijah
Date Deposited: 09 Aug 2018 07:44
Last Modified: 09 Aug 2018 07:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12406

Actions (login required)

View Item View Item