Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Bowling Kampus dan Strategi the Firing Line untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen terhadap Siswa SMP Karya Budi Cileunyi Kelas VIII

Solihat, Siti (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Bowling Kampus dan Strategi the Firing Line untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen terhadap Siswa SMP Karya Budi Cileunyi Kelas VIII. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang ada atau tidaknya peningkatan kemampuan representasi matematis siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan strategi bowling kampus, strategi the firing line dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen. Pengambilan sempel menggunakan teknik Purposive Sampling, didapat kelas VIII-B, VIII-C dan VIII-D. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahi: (a) gambaran proses pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan strategi bowling kampus dan strategi the firing line; (b) perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan staregi bowling kampus, strategi the firing line dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan strategi bowling kampus dan strategi the firing line. Pengambilan data menggunakan instrumen tes yaitu soal representasi matematis, dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta skala sikap. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) aktivitas siswa dan aktivitas guru mengalami peningkatan menjadi sangat baik; (b) hasil analisis gain ternormalisasi menyatakan adanya perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan urutan peningkatan tertinggi adalah yang memperoleh pembelajaran stretegi bowling kampus, strategi the firing line dan pembelajaran konvensional; (c) berdasarkan analisis data skala sikap siswa yang memperoleh pembelajaran strategi bowling kampus dan strategi the firing line diketahui bahwa sebagian besar siswa merespon positif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bowling kampus; the firing line; kemampuan representasi matematis
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Solihat
Date Deposited: 08 Jun 2018 07:03
Last Modified: 08 Jun 2018 07:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10437

Actions (login required)

View Item View Item