Pengaruh bimbingan klasikal terhadap kemampuan bersosialisasi siswa kelas X di SMAN 2 Garut

Miraz, Saeful Sandra (2017) Pengaruh bimbingan klasikal terhadap kemampuan bersosialisasi siswa kelas X di SMAN 2 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarsi.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (847kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan klasikal diterapkan sebagai layanan dasar dalam mengembangkan dan membantu siswa agar memiliki kemampuan bersosialisasi di lingkungan sekolahnya. Dalam penerapan bimbingan klasikal terdapat diskusi kelompok dan curah pendapat. Dengan adanya bimbingan klasikal yang diterapkan akan meningkatkan kemampuan bersosialisasi yang positif bagi siswa dan menjadi hasil yang baik dalam berkomunikasi serta berinteraksi dengan lingkungannya khususnya di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang dilakukan di SMAN 2 Garut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) Bimbingan Klasikal di SMAN 2 Garut. (b) Faktor-faktor yang mempengaruhi bimbingan klasikal terhadap kemampuan bersosialisasi siswa di SMAN 2 Garut. (c) Kondisi siswa sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan klasikal di SMAN 2 Garut. Penelitian ini bertitik tolak pada bahan ajaran untuk Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Rayon 12 Lembaga Pendidikan Profesi Universitas Negeri Semarang 2007 bahwa dalam pelaksanaan bimbingan klasikal terdapat 9 bentuk diantaranya home room, diskusi kelompok, pelajaran bimbingan, kelompok kerja, pengajaran perbaikan, sosiodrama, ceramah bimbingan karya wisata. Menurut Santoso, bahwa kemampuan sosialisasi siswa dengan siswa lain dapat dilihat melalui komunikasi antar teman, kerjasama antar siswa satu dengan siswa yang lain, pertentangan siswa dalam menyelesaikan masalah atau/tugas yang diberikan oleh guru, persesuaian hasil antara siswa satu dengan siswa yang lain. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengaruh(kausal). Data yang diperoleh menggunakan instrument penelitian angket. Setelah dilaksanakan observasi, data di kaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Bimbingan klasikal yang diberikan oleh guru BK terhadap siswa kelas X mempunyai pengaruh yang tergolong sangat kuat. (b) Dampak dari bimbingan klasikal terhadap kemampuan bersosialisasi siswa kelas X di SMAN 2 Garut memiliki peningkatkan yang tinggi. (c) Pengaruh bimbingan klasikal terhadap kemampuan berosisalisasi siswa memiliki nilai yang tinggi. Dengan demikian bimbingan klasikal mengahasilkan pengaruh yang positif serta dapat mempengaruhi dalam membantu dan mengembangkan kemampuan bersosialisasi siswa kelas X di SMAN 2 Garut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Klasikal, Kemampuan Bersosialisasi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Saeful Sandra Miraz
Date Deposited: 08 Jul 2019 08:05
Last Modified: 08 Jul 2019 08:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/9703

Actions (login required)

View Item View Item