Upaya meningkatkan hafalan Al-Qur'an melalui metode kauny quantum memory: Penelitian tindakan kelas mata pelajaran PAI materi hafalan surah-surah pendek di kelas VIII A SMPN 7 Cimahi Kota Cimahi

Hasanah, Dian Uswatun (2015) Upaya meningkatkan hafalan Al-Qur'an melalui metode kauny quantum memory: Penelitian tindakan kelas mata pelajaran PAI materi hafalan surah-surah pendek di kelas VIII A SMPN 7 Cimahi Kota Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini di laksanakan dalam rangka meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa dalam pembelajaran PAI di SMPN 7 Cimahi dalam penelitian ini yang menjadi permasalahan adalah kurangnya minat siswa dalam menghafal Al-Qur’an, rendahnya kemampuan hafalan ayat dan surah Al-Qur’an pendek, dan rendahnya kemampuan menghafal terjemah Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode kauny quantum memory dapat meningkatkan kemampuan hafalan siswa. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa Kelas VIII A 7 Cimahi dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi pedoman Observasi, pedoman wawancara, hasil kerja siswa, dan foto. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan di refleksi. Alat evaluasi yang digunakan berupa tes tulis dan tes lisan untuk mengetahui kemampuan hafalan siswa tiap siklusnya, manfaat penelitian dengan menggunakan metode kauny quantum memory, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI khususnya pada hafalan siswa dan juga dapat menambah kepastian dan keyakinan guru di SMPN 7 Cimahi bahwa metode yang digunakan dilakukan dengan proses yang benar dan hasil yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang merupakan salah satu bagain dari [enelitia tindakan dengan tujuan spesifik yang kaitan dengan kelas. Model PTK ayng di gunakan merupakan model yang dikembangkan oleh kemish dan Mc. Tagart dengan menggunakan empat komponen penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pobservasi dan refleksi dalam suatu system spiral yang saling terkait. Penelitian ini dilakuakan sebanyak dua siklus pada siswa kelas VIII A SMPN 7 Cimahi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran PAI pada materi hafal dalil Al-Qur’an tentang akhlak tercela melalui metode kauny quantum memory dapat meningkatkan kemampuan hafalan siswa dengan waktu yang singkat terbukti dengan skor pra siklus, 66,53; siklus I, 75,68; dan siklus II, 85,89. Berdasarkan hasil observasi diakhir pembelajaran semua siswa memberika tanggpan yang positif terhadap pembelajaran juga melalui metode ini terlihat siswa menghafal ayat Al-Qur’an dengan menyenangkan. Metode kauny quantum memory dapat dijadikan salah satu metode belajar di kelas agar siswa dapat menghafal Al-Qur’an dengan cepat di kelas. Maka perlu diadakan nya pelatihan guru agar bsia mendisain metode kauny quantum memory, agar guru dapat memahami dan mempraktekan metode ini dalam pembelajaran dan diperlukan sosisalisaasi belajar mengguanakan metode kauny quantum memory kepada siswa juga diperluakan untuk mendukung keberhasilan dan meningkatkan mutu pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an; Kauny Quantum Memory; Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hafalan; Indikator Hafalan; Pengertian Al-Qur'an; Fungsi dan Kedudukan Al-Qur'an; Keutamaan Al-Qur'an;
Subjects: Education, Research
Education
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Uswatun Hasanah
Date Deposited: 03 May 2018 03:27
Last Modified: 03 May 2018 03:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/8791

Actions (login required)

View Item View Item