Peranan marketing public relation dalam membangun citra merek dan dampaknya terhadap loyalitas nasabah: studi pada nasabah Bank BJB yang tercatat di Kantor Pusat Bank BJB

Nurasiah, Sofa Parihah (2018) Peranan marketing public relation dalam membangun citra merek dan dampaknya terhadap loyalitas nasabah: studi pada nasabah Bank BJB yang tercatat di Kantor Pusat Bank BJB. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy

Abstract

Effendy (2003) mengemukakan, strategi komunikasi merupakan perencanaan untuk mencapai suatu tujuan. Marketing Public Relation merupakan salah satu strategi komunikasi dalam pemasaran yang sering digunakan perusahaan karena dianggap penting untuk menyampaikan pesan dan menciptakan sikap, citra dan opini yang benar. Persepsi yang tertanam di benak konsumen akan memengaruhi sikap dan perilakunya dalam pembelian. Selanjutnya, kemampuan pemasar dalam membangun loyalitas pelanggan akan menentukan keberhasilan perusahaan sehingga strategi-strategi yang disusun dalam upaya membangun loyalitas pelanggan menjadi hal penting yang sebaiknya dikaji secara lebih mendalam baik oleh individu maupun organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh Marketing Public Relation terhadap loyalitas nasabah Bank BJB, (2) pengaruh Marketing Public Relation terhadap citra merk Bank BJB, (3) pengaruh citra merek terhadap loyalitas nasabah Bank BJB, dan (4) pengaruh Marketing Public Relation terhadap loyalitas nasabah melalui variabel citra merk Bank BJB. Penelitian ini merupakan penelitian dengan model analisis mediasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convienence sampling dan penentuan jumlah sampel menggunakan teknik Slovin sehingga didapat jumlah sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara langsung dan melalui media online kepada nasabah Bank BJB. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, dan analisis efek mediator Prosedur Baron dan Kenny. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif Marketing Public Relation terhadap Loyalitas Nasabah dengan nilai t hitung > t tabel (4,946 > 1,66039), (2) terdapat pengaruh positif Marketing Public Relation terhadap Citra Merek dengan nilai t hitung > t tabel (9,185 > 1,66039), (3) terdapat pengaruh positif Citra Merek terhadap Loyalitas Nasabah dengan nilai t hitung > t tabel (4,367 > 1,66039), serta (4) terdapat efek mediasi parsial variabel Citra Merek diantara Marketing Public Relation terhadap Loyalitas Nasabah yang dibuktikan dengan pengaruh yang signifikan tetapi mengalami penurunan nilai pada koefisien regresi variabel Marketing Public Relation (beta 0,579 menjadi 0,427).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Marketing Public Relation; Citra Merek; Loyalitas Nasabah; analisis mediasi
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Sofa Parihah Nurasiah
Date Deposited: 08 Mar 2018 02:40
Last Modified: 08 Mar 2018 02:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6619

Actions (login required)

View Item View Item