Pengelolaan YouTube protokol komunikasi pimpinan Kota Bandung dalam keterbukaan informasi publik melalui kegiatan public relations online: Analisis deskriptif kualitatif pada kanal YouTube: @HaloBandung

Dwijayati, Megi Putri (2022) Pengelolaan YouTube protokol komunikasi pimpinan Kota Bandung dalam keterbukaan informasi publik melalui kegiatan public relations online: Analisis deskriptif kualitatif pada kanal YouTube: @HaloBandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kanal YouTube @HaloBandung merupakan salah satu program yang digarap oleh protokol komunikasi pimpinan Kota Bandung sebagai bentuk keterbukaan informasi publik, bagian dari public relations online. Kanal YouTube HaloBandung dibuat pada tanggal 17 september 2013 dan kini sudah memiliki 22,5 ribu subscriber yang telah mendapat tayangan sebanyak 7.670.299 kali. Kalau YouTube tersebut seringkali mengunggah informasi mengenai video kegiatan pemerintahan Kota Bandung. Hal ini dilakukan sebagai upaya menjaga kepercayaan publik melalui keterbukaan informasi yang merupakan bagian dari kinerja public relations online protokol komunikasi pimpinan kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan YouTube protokol komunikasi pimpinan Kota Bandung dalam keterbukaan informasi publik melalui kegiatan public relations online mulai dari identifikasi masalah, perencanaan, komunikasi, serta evaluasi pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik melalui kanal YouTube @HaloBandung. Penulis menggunakan konsep four step PR dari Cutlip, Center, dan Broom. Konsep ini dipilih karena sesuai dengan aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam mengelola citra melalui sebuah program. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah kontruktivistik dengan pendekatan kualitatif, dan menggunakan metode deskriptif kualitatif serta analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan YouTube protokol komunikasi pimpinan kota Bandung dalam keterbukaan informasi publik melalui kegiatan public relations online telah sesuai dengan konsep four step PR yang terbagi atas 1). Identifikasi masalah protokol komunikasi pipitan Kota Bandung dan pengelola keterbukaan informasi publik melalui karena YouTube @HaloBandung masih dalam keadaan baik, 2). Perencanaan terkait pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik melalui kanal YouTube dilakukan melalui planning dan program yang dibantu oleh analisis SWOT, 3). Komunikasi yang dilakukan oleh protokol komunikasi pimpinan dilakukan dengan cara melakukan koordinasi antara pimpinan dengan bawahan dan sebaliknya, 4). Evaluasi yang dilakukan oleh protokol komunikasi pimpinan kota Bandung dilakukan setiap satu bulan mulai dari tahap identifikasi sampai pada tahap komunikasi baik melalui online maupun secara tatap langsung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa protokol komunikasi pimpinan Kota Bandung telah melakukan pengelolaan YouTube @HaloBandung sebagai bentuk Keterbukaan Informasi Publik melalui kegiatan public relations online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; YouTube; Keterbukaan Informasi;
Subjects: Use of Other Information Media
General Management > Information Management
Public Performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Megi Putri Dwijayati
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:12
Last Modified: 30 Jan 2023 02:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/64030

Actions (login required)

View Item View Item