Hubungan antara keterampilan bermain Maze angka dengan kemampuan kognitif anak : Penelitian di kelompok A RA Persis 296 Riyadusholihin 10 Baleendah Kabupaten Bandung

Asyiah, Annisa Nurul (2022) Hubungan antara keterampilan bermain Maze angka dengan kemampuan kognitif anak : Penelitian di kelompok A RA Persis 296 Riyadusholihin 10 Baleendah Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelompok A RA Persis 296 Riyadusholihin 10 Baleendah. Terdapat seluruh siswa yang menunjukan bahwa bermain maze angka dengan nilai rata-rata 61 yang diinterpretasikan pada kategori kurang dan pada kemampuan kognitif anak dengan nilai rata-rata 2,16 yang diinterpretasikan pada kategori mulai berkembang. Hal tersebut terlihat anak masih keliru dalam mengenal lambang bilangan dan masih belum benar menunjukkan angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keterampilan bermain maze angka di kelompok A RA Persis 296 Riyadusholihin 10 Baleendah Kabupaten Bandung, (2) Kemampuan kognitif anak di kelompok A RA Persis 296 Riyadusholihin 10 Baleendah Kabupaten Bandung, (3) Hubungan antara keterampilan bermain maze angka dengan kemampuan kognitif anak di kelompok A RA Persis 296 Riyadusholihin 10 Baleendah Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena dalam penelitiannya berupa angka dengan metode korelasional. Subjek penelitian ini yaitu kelompok A RA Persis 296 Riyadusholihin 10 Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung yang terdiri dar 15 responden. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Data penelitian diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan suatu keabsahan yang dihasilkan dari analisis data secara deskriptif dengan menggunakan analisis parsial, analisis normalitas dan analisis korelasi. Kemampuan kognitif erat kaitannya dengan berpikir lebih kompleks, kemampuan untuk memecahkan masalah sederhana serta mengenali dan menghitung angka satu sampai sepuluh. Sedangkan pada bermain maze angka anak mampu mencari jalan untuk memecahkan masalah dan dapat meningkatkan seluruh aspek perkembangan anak usia dini, baik perkembangan motorik, bahasa, sosial emosional, dan kognitif. Berdasarkan asumsi tersebut dapat dirumuskan dengan hipotesis bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan bermain maze angka dengan kemampuan kognitif anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan bermain maze angka berada pada kategori baik dengan hasil sebesar 74,9 yang berada pada kelas interval 70-79. Begitupun dengan kemampuan kognitif anak diperoleh hasil sebesar 86,4 yang berada pada kelas interval 80-100 dengan kategori sangat baik. Hubungan antara keterampilan bermain maze angka dengan kemampuan kognitif anak pada kelompok A RA Persisi 296 Riyadusholihin 10 Kecamata Baleendah Kabupaten Bandung berada pada kategori sangat kuat dengan korelasi 0,885 yang berada pada kelas interval 0,800-1,000. Kotribusi yang diberikan keterampilan bermain maze angka terhadap kemampuan kognitif anak sebesar 78,32% dan sisanya 21,68% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bermain Maze angka; Kemampuan Kognitif; Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Annisa Nurul Asyiah
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:39
Last Modified: 19 Jan 2023 06:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63641

Actions (login required)

View Item View Item