Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penerapan akad murabahah pada ketentuan margin KPR di Bank BTN Syariah cabang Bekasi

Faris, Muhammad Rafi Ulwan (2022) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penerapan akad murabahah pada ketentuan margin KPR di Bank BTN Syariah cabang Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (784kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy

Abstract

Rumah merupakan kebutuhan dasar dan mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Akan tetapi, masih banyak dari masyarakat yang belum memiliki rumah, khususnya bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah. Oleh sebab itu, pemerintah menyediakan suatu program untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan rumah yaitu dengan adanya program Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai penerapan akad murabahah pada ketentuan margin KPR Bank BTN Syariah Cabang Bekasi diantaranya: Pertama untuk mengetahui konsep pola pembiayaan dan mekanisme akad murabahah pada pembiayaan KPR Bank BTN Syariah. Kedua, mengetahui keseseuaian antara akad murabahah dengan ketentuan margin pada pembiayaan KPR Syariah di Bank BTN kantor cabang Bekasi. Tujuan penelitan ini sendiri adalah untuk mengetahui penerapan akad murabahah pada ketentuan margin KPR Bank BTN Syariah apakah sudah menurut ajaran syari’at yang ditinjau dengan Hukum Ekonomi Syariah. Penerapan akad murabahah dalam BTN Syariah Cabang Bekasi ditemukan pada produk pembiayaan KPR dan Multimanfaat. Adapun mekanisme yang ada di BTN Syariah cabang Bekasi berbeda dengan kredit yang ada pada bank konvensional, karena bank syariah menggunakan margin yang ditetapkan dan disetujui oleh kedua belah pihak untuk komposisi outstanding pokok, outstanding margin (bagi hasil) dalam proses setelah akad, sedangkan bank konvensional menggunakan bunga sebagai keuntungan bank yang dapat berubah sesuai dengan suku bunga yang telah ditetapkan Bank Indonesia. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian ini penulis peroleh dari hasil wawancara dan dokumentasi yang penulis lakukan di Bank BTN Syariah Cabang Bekasi secara langsung, serta referensi kepustakaan mengenai Hukum Ekonomi Syari’ah. Untuk mendapat kesimpulan, penulis melakukan analisis isi terhadap data yang ada kemudian disesuaikan dengan teori yang berhubungan atas keadaan yang terjadi dilapangan. Berdasarkan hasil penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa pelaksanaan penerapan akad murabahah pada ketentuan margin KPR Bank BTN Syariah sesuai dengan ketentuan Hukum Syara dan fatwa DSN MUI. Akan tetapi masih terdapat ketidaksesuaian pada ketentuan margin (keuntungan) karena di dalam pelaksanaan akad murabahah ini dilakukan tanpa adanya metode flat dimana jumlah harga angsuran pokok dan margin keuntungan setiap tahunnya tidak sama besar, kemudian adanya penambahan nilai di dalam akad nya sebesar 8% yang seharusnya nilai margin ini dapat meringankan nasabah Bank BTN Syariah dalam memperoleh KPR di Bank BTN Syariah Cabang Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kredit Pemilikan Rumah; Murabahah; Margin
Subjects: Islam > Islam and Economics
Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Perjanjian dalam Islam
Econmics
Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Muhammad Rafi Ulwan Faris
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:59
Last Modified: 10 Jan 2023 04:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63371

Actions (login required)

View Item View Item