Pengaruh intellectual capital dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi pada PT. Telkom Indonesia, Tbk periode 2011-2020

Hannah, Siti (2022) Pengaruh intellectual capital dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi pada PT. Telkom Indonesia, Tbk periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh ketidaksesuaian data yang ditemukan peneliti di PT. Telkom Indonesia, Tbk dengan teori yang ada, yang mengatakan jika Intellectual Capital dan CSR yang dimiliki perusahaan meningkat atau tinggi, maka diikuti dengan meningkatnya nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh Intellectual Capital secara parsial terhadap Nilai Perusahaan; mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh CSR secara parsial terhadap Nilai Perusahaan; mengetahui dan menganalisis pengaruh Intellectual Capital dan CSR secara simultan terhadap Nilai Perusahaan pada PT. Telkom Indonesia, Tbk Periode 2011-2020. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Intellectual Capital dan CSR memiliki pengaruh positif terhadap citra atau nilai perusahaan, Dimana perusahaan yang memiliki modal intelektual yang tinggi dan melakukan kegiatan CSR dapat meningkatkan reputasi perusahaan dan kepercayaan investor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Alat uji statistika yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan beberapa alat uji, yakni asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas), menggunakan analisis regresi, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, terakhir pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t dan uji F. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Intellectual Capital dan CSR, variabel dependen adalah Nilai Perusahaan dimana data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan PT Telkom Indonesia, Tbk periode 2011-2020. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan: 1) Intellectual Capital secara parsial terbukti berpengaruh sebesar 34,1% tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan; 2) CSR secara parsial terbukti berpengaruh sebesar 5,4% tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan; 3) Intellectual Capital dan CSR secara simultan tidak memiliki pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Intellectual Capital; CSR; Company Value; PBV
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Siti Hannah
Date Deposited: 06 Jan 2023 01:56
Last Modified: 06 Jan 2023 01:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63127

Actions (login required)

View Item View Item