Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Vale Indonesia Tbk periode 2011-2020

Nurhudan Habibilah, Alif (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Vale Indonesia Tbk periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan kerangka pemikiran salah satu yang ada di annual report pada ratio liquidity (Current Ratio), lalu salah satu rasio hutang (Debt to Equity Ratio), dan rasio profitabilitas (Net Profit Margin) dapat saling mempengaruhi, Tetapi terdapat peristiwa lain juga dapat mempengaruhi rasio profitabilitas (Net Profit Margin) yang tidak diteliti pada studi ini. Current Ratio ialah bagian dari laporan keuangan terutama didalam ratio liquidity untuk mengetahui informasi berupa angka yang bersifat baik perseroan dalam memenuhi short term liabilities. Membandingkan jumlah utang dengan utang adalah Debt to Equity Ratio sering termasuk kedalam ratio leverage. menilai berapa keuntungan yang didapatkan dari perusahaan dikenal sebagai Net Profit Margin termasuk kedalam rasio profitabilitas. Semakin besar keuntungan yang yang dapat dihitung oleh perusahaan maka akan profitabilitas. Penelitian ini menganalisis suatu perusahaan Indonesia pada perseroan berada di Ideks Saham Sy’ariah Indonesia yaitu PT. Vale Indonesia Tbk Periode 2011-2020, untuk mencari bagaimana CR secara parsial kepada NPM lalu DER secara parsial kepada NPM dan CR dan DER secara simultan kepada NPM. Penelitian ini ketika melakukan suatu penelitian memakai cara deskriptif memakai pendekatan kuantitatif. Informasi telah dikumpulkan berasal dari annual report PT. Vale Indonesia Tbk periode. 2011-2020 dalam membuat penelitian ini. Dalam menganalisis data mengunakan classical assumptions, descriptive analysis of associative test analysis, dan hypothesis testing analysis dengan menggunakan metode manual dan SPSS for windows version 23. Hasil dari penelitian mendapatkan sebuah kesimpulan yaitu (1) CR tidak terjadi parsial kepada NPM nilai koefisien 2,8% teori dan hipotesis ditolak, CR terhadap NPM sesuai dengan konsep manajemen keuangan syariah karena terdapat unsur Planning (perencanaan), (2) DER secara parsial tidak terjadi kepada NPM nilai koefisien sebesar 20,8%, teori DER terhadap NPM sesuai dengan konsep manajemen keuangan syariah pada Surah Al-Baqarah ayat 283, dan (3) CR bersama DER tidak terjadi simultan NPM nilai koefisien sekitar 21,3% dan hipotesis ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt To Equity Ratio; Net Profit Margin
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Accounting > Education, Research of Accounting
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Alif Nurhudan Habibilah
Date Deposited: 05 Jan 2023 00:43
Last Modified: 05 Jan 2023 00:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/63002

Actions (login required)

View Item View Item