Aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler BTQ hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Qur'an: Penelitian terhadap siswa kelas VII MTs As-Sulaimaniyyah Cianjur

Masruroh, Masruroh (2022) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler BTQ hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Qur'an: Penelitian terhadap siswa kelas VII MTs As-Sulaimaniyyah Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, MTs As-Sulaimaniyyah Cianjur merupakan salah satu madrasah yang berupaya mencetak siswa yang memiliki kemampuan membaca al-Qur’an dengan baik serta menjadikan BTQ ( baca tulis Qur’an ) sebagai mata pelajaran dan program unggulan sekolah. Oleh karena itu, kegiatan ekstrakurikuler ini diadakan karena banyaknya siswa yang kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an-Nya relatif rendah sangat dianjurkan diikuti oleh setiap siswa dan diyakini dapat meningkatkan kemampuan membaca . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui :1) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler BTQ ;2) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa;3) Aktivitas siswa mengikuti Kegiatan ekstrakurikuler BTQ hubungannya dengan kemampuan membaca al-Quran. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler BTQ berhubungann dengan kemampuan membaca Al-Quran menjadi landasan penelitian ini. Oleh karena itu, Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler BTQ dengan Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisis korelasi. Sebagai sumber data yang diperoleh oleh peneliti yaitu 24 siswa kelas VII MTs As-Sulaimaniyyah Cianjur. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu berbentuk angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dengan nilai rata-rata akhir 2,69 yang berada pada rentang 2,60 hingga 3,39, Aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler BTQ dikategorikan netral. 2) Kemampuan membaca Al-Quran siswa yang sebenarnya tergolong kurang baik, dengan nilai rata-rata 55,0, yang berada pada rentang 50-59. 3) Pada skala 0,80 hingga 1,00, korelasi antara Aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler BTQ (variabel X) hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Quran (variabel Y) sangat tinggi yaitu sebesar 0,99. Pengujian hipotesis menghasilkan t hitung 32,90 dan t tabel 0,432 yang menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Dengan demikian, aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler BTQ berhubungan dengan kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas VII MTs As-Sulaimaniyyah Cianjur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas siswa; Kegiatan Ekstrakurikuler BTQ; Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masruroh Masruroh
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:43
Last Modified: 29 Dec 2022 02:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62542

Actions (login required)

View Item View Item