Instagram @aku.berkarya sebagai media dakwah di kalangan remaja

Hidayat, Dwiky (2022) Instagram @aku.berkarya sebagai media dakwah di kalangan remaja. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Dengan adanya kemajuan teknologi dan juga informasi, menciptakan aktivitas dakwah melalui media sosial. Media sosial Instagram adalah satu diantara sarana media dakwah yang sesuai pada saat ini. Instagram @aku.berkarya menggunakan media dakwah Instagram di kalangan remaja. Hal tersebut dimaksudkan untuk pengguna Instagram terutama di kalangan remaja agar lebih mengenal nilai-nilai Islam dan tidak memahami dakwah hanya sebatas ceramah di depan mimbar dalam sebuah masjid saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Instagram @aku.berkarya dalam mengembangkan dakwah di kalangan remaja, bagaimana konten yang disebarkan dalam menarik minat remaja, dan bagaimana hambatan yang terjadi saat berdakwah melalui Instagram. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Teori New Media. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif yang berusaha untuk menggambarkan bagaimana aktivitas komunikasi dakwah melalui media sosial yang berlangsung selama ini. Hasil dalam penelitian terhadap Instagram @aku.berkarya sebagian besar mengenai pesan akhlak yang diambil dari kutipan ayat Al-Quran, Hadis, dan kutipan pesan tokoh Muslim Umar bin Khattab dan Ali bin Abi Thalib yang kemudian divisualisasikan secara menarik ke dalam bentuk postingan foto, video, live, dan reels Instagram sehingga pesan yang disampaikan mudah dipahami dan mampu tersampaikan dengan baik kepada mad’u atau jika dalam media sosial disebut sebagai viewers. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini adalah Instagram @aku.berkarya memanfaatkan beberapa fitur dalam Instagram dalam berdakwah diantaranya postingan foto, video, live, dan reels, pesan dakwah yang terkandung dalam Instagram @aku.berkarya sebagian besar mengenai pesan akhlak, dakwah melalui Instagram yang dilakukan oleh Instagram @aku.berkarya juga terkadang mengalami hambatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Dakwah; Instagram; Remaja
Subjects: Communications Telemunications
Computer Arts, Digital Arts
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dwiky Hidayat
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:21
Last Modified: 28 Dec 2022 02:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62445

Actions (login required)

View Item View Item