Peran Humas Pemerintah dalam kegiatan Media Relations : Studi deskriptif kualitataif pada Humas Pemerintahan Kabupaten Sumedang

Kurnia, Ade Chandra Oktavian (2022) Peran Humas Pemerintah dalam kegiatan Media Relations : Studi deskriptif kualitataif pada Humas Pemerintahan Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Humas memiliki peran sebagai jembatan antara pihak internal dengan pihak eksternal. Dalam kinerjanya humas harus memiliki program yang sifatnya sistematis dan berkelanjutan serta mampu mengikuti perkembangan teknologi. Berkaitan dengan hal tersebut maka humas berperan dalam pengelolaan kegiatan media relations sebagai salah satu kegiatan menjaga hubungan baik antara pihak internal dengan pihak eksternal. Humas pemerintah kabupaten Sumedang dalam perannya bertugas mengelola proses kegiatan media relations beserta tahapan pengelolaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran humas pemerintah dalam kegiatan media relations terkait proses kerja beserta tahapan kegiatan mulai dari analisis situasi melalui observasi sampai pada tahapan evaluasi kegiatan media relations dengan mengacu pada teori two way simetrical dari James Grunning yang dikelola melalui tahapan four step public relations dari Cutlip, Center, dan Broom. Penelitian ini dilakukan menggunakan paradigma kontruktivistik dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Berdasrkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Humas pemerintah kabupaten Sumedang berperan sebagai penanggungjawab atas kegiatan media relations melibatkab awak media untuk kegiatannya sudah sesuai dengan model two way simetrical dari James Gruning yang menitikberatkan bahwa komunikasi dua arah menciptakan propaganda citra melalui kegiatan press release, konferensi per, gathering, dan program khusus dengan wartawan melalui Pokja Wartawan, yang dikelola melalui tahapan four step public relations meliputi tahapan analisis situasi, sampai pada tahapan evaluasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Humas; Media Relations; Humas Pemerintah
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ade chandra oktavian kurnia
Date Deposited: 22 Dec 2022 04:05
Last Modified: 22 Dec 2022 04:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62133

Actions (login required)

View Item View Item