Pengaruh Price dan Service Quality terhadap Customer Loyalty layanan jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo : Studi pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung jurusan Manajemen angkatan 2018

Subagja, Ramdhani Arya (2022) Pengaruh Price dan Service Quality terhadap Customer Loyalty layanan jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo : Studi pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung jurusan Manajemen angkatan 2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi telah mempengaruhi kehidupan manusia sehari-hari, contohnya adalah dengan ditemukannya internet. Atas fenomena tersebut munculah beberapa perusahaan yang menyediakan jasa layanan internet, salah satunya yaitu Indosat Ooredoo. Hal tersebut tentunya tidak akan lepas dari adanya persaingan bisnis. Maka dari itu untuk dapat terus mempertahankan eksistensi perusahaan dibutuhkan strategi dalam menciptakan loyalitas pelanggan melalui berbagai cara, diantaranya dari sisi harga dan kualitas pelayanan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana pengaruh dari masing-masing variabel independen yaitu price dan service quality secara parsial terhadap variabel dependen yaitu customer loyalty dan mencari tahu bagaimana pengaruh dari masing-masing variabel independen tersebut secara bersama-sama terhadap variabel dependen. Penelitian ini berdasar dari teori yang dikemukakan oleh Tjiptono yang menyatakan bahwa harga dan kualitas pelayanan merupakan salah satu factor yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu untuk mengukur ada atau tidaknya pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen, yang dalam penelitian ini variabel independen adalah price (harga) dan service quality (kualitas pelayanan) sedangkan variabel dependennya adalah customer loyalty (loyalitas konsumen). Adapun populasi didalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Manajemen angkatan 2018 dengan jumlah sampel sebanyak 67 sampel. Teknik pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang selanjutnya dianalisis dengan bantuan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, pada penelitian ini diperoleh hasil yaitu variabel price berpengaruh signifikan terhadap variabel customer loyalty dengan nilai Thitung > Ttabel yaitu 2,718 > 1,99834. Variabel service quality berpengaruh signifikan terhadap variabel customer loyalty dengan nilai Thitung > Ttabel yaitu 6,415 > 1,99834. Variabel price dan service quality berpengaruh secara bersama-sama terhadap variabel customer loyalty dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 43,617 > 3,14. Kemudian berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi yang telah dilakukan, menghasilkan nilai Adjusted R Square sebesar 56,4%. Artinya Artinya variabel price dan service quality mampu menjelaskan hubungan dan pengaruhnya terhadap variabel customer loyalty sebesar 56,4% dan dalam kategori sedang, sementara sisanya adalah pengaruh yang didapatkan dari variabel diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Price; Service Quality; Customer Loyalty; Harga; Kualitas Pelayanan; Loyalitas Konsumen; Manajemen;
Subjects: General Management > Philosophy and Theory of Management
General Management > Marketing, Management of Distribution
General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ramdhani Arya Subagja
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:27
Last Modified: 20 Dec 2022 04:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61952

Actions (login required)

View Item View Item