Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada Materi Suhu dan Kalor

Agustien, Pratika (2017) Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada Materi Suhu dan Kalor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Model Problem Based Learning (PBL) di desain untuk membantu peserta didik mengembangkan keterampilan berpikir dan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design, dengan desain one-group pretest posttest. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Asshiddiqiyah Garut dan sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling adalah peserta didik kelas XI MIA 1 yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata seluruh pertemuan aktivitas guru sebesar 89% terkategorikan sangat baik dan peserta didik 79% terkategorikan baik. Selain itu terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor dengan peningkatan sebesar 0,66 terkategorikan sedang. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji Wilcoxon match pair didapatkan Zhitung (2,80) > Ztabel (0,708) yang berarti terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model Problem Based Learning (PBL). Dengan demikian, model Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir kritis; Suhu dan kalor; Problem Based Learning (PBL)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Physics > Physicists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2018 07:51
Last Modified: 08 Feb 2018 07:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6140

Actions (login required)

View Item View Item