Proses kerja jurnalis menurut mahasiswa non jurnalistik : Studi fenomenologi di LPM reaksi fakultas sains dan teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Asmara, Anjas (2022) Proses kerja jurnalis menurut mahasiswa non jurnalistik : Studi fenomenologi di LPM reaksi fakultas sains dan teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi-1.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy

Abstract

LPM Redaksi of Saintek atau yang lebih populer disebut dengan ‘Reaksi’ merupakan salah satu lembaga pers mahasiswa yang berada di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati dibawah naungan DEMA Fakultas Sains dan Teknologi di mana kegiatan tersebut tidak berada pada lingkup komunikasi maupun jurnalistik. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana proses kerja jurnalis di LPM Reaksi menurut mahasiswa non jurnalistik di dalamnya meliputi pemahaman, pengalaman serta pemaknaan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan empat informan dari anggota LPM Reaksi. Penelitian menggunakan teori fenomenologi, asumsi teori fenomenologi adalah sebuah gambaran nyata dari hasil pembelajaran didasarkan pada lingkup budaya lingkungan kelompok yang tergabung sebagai kesatuan dan hal tersebut sengaja membentuk sebuah pengetahuan baru untuk mengisi pengalaman yang terekonstruksi secara sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi, metode ini digunakan untuk mengetahui realitas secara langsung para mahasiswa non jurnalistik terkait pemahamannya dalam menjalankan perannya sebagai jurnalis kampus. Pengalaman yang didapat oleh mahasiswa non jurnalistik sebagai informan menjadi bahan yang akan diteliti dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi dan melalui dokumen. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Mahasiswa non jurnalistik memiliki pemahaman yang beragam sebagai seorang jurnalis. Pengalaman yang mahasiswa non jurnalistik rasakan selama beraktivitas menjadi jurnalis kampus sangat beragam walau dalam satu lingkup yang sama. Mahasiswa non jurnalistik memaknai aktivitasnya sebagai seorang jurnalis berorientasi pada masa depan atas dasar rasa kagum serta sarana menambah pengetahuan untuk mengisi waktu luang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa Non Jurnalistik; Jurnalis Kampus; Pers Kampus; Fenomenologi
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Critical Philosophy > Phenomenology
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Groups > Occupational Groups
Higher Education, Universities > Organization and Activities in Higher Education
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Anjas Asmara
Date Deposited: 29 Nov 2022 08:36
Last Modified: 29 Nov 2022 09:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61192

Actions (login required)

View Item View Item