Hiperrealitas di media sosial : Unggahan Instagram anak muda pengunjung Coffee Shop di Kabupaten Kuningan

Handayani, Risa (2022) Hiperrealitas di media sosial : Unggahan Instagram anak muda pengunjung Coffee Shop di Kabupaten Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan pada kalangan anak muda dalam penggunaan Instagram, cenderung ingin membagikan kehidupan pribadinya. Mereka ingin memposting momen dirinya saat berada di coffee shop. Mengunjungi coffee shop bukan lagi hanya sekadar untuk ngopi, disamping itu untuk memenuhi kebutuhan di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unggahan Instagram anak muda pengunjung coffee shop di Kabupaten Kuningan, dan mendeskripsikan faktor-faktor pendorong anak muda di Kabupaten Kuningan mengunggah kehadirannya di coffee shop di Instagram. Landasan teori yang digunakan adalah teori hiperrealitas Jean Baudrillard, hiperealitas merupakan ketidakmampuan kesadaran manusia dalam membedakan kenyataan dan fantasi, khususnya di kehidupan saat ini yang memiliki teknologi tinggi. Seseorang berusaha menampilkan yang terbaik di media sosialnya. Hal tersebut menciptakan citra diri pada seseorang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber primer yaitu enam pengunjung coffee shop. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dengan wawancara mendalam, dan observasi online. Metode analisis data yang digunakan peneliti yaitu metode analisis narasi. Tahapan yang dilakukan yaitu, pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini ialah temuan mengenai anak muda Kabupaten Kuningan yang mengunjungi coffee shop bukan hanya sekadar untuk meminum kopi tetapi untuk memenuhi kebutuhan dalam mengunggah di Instagram. Memunculkan hiperrealitas yang memanipulasi tanda-tanda sehingga akan sulit membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Anak muda berusaha menampilkan yang terbaik di Instagram, kemudian memunculkan citra diri seseorang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hiperrealitas; Instagram; Citra
Subjects: Critical Philosophy > Phenomenology
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Risa Handayani
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:56
Last Modified: 19 Oct 2022 07:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60150

Actions (login required)

View Item View Item