Hubungan gaya kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal Kepala Madrasah perempuan terhadap kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Sumedang

Minnatillah, Minnatillah (2022) Hubungan gaya kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal Kepala Madrasah perempuan terhadap kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy

Abstract

Kepala Madrasah merupakan pemimpin tertinggi dalam lembaga pendidikan Islam.Kepemimpinan perempuan merupakan sesuatu yang selalu menarik dan membutuhkan serangkaian penelitian sehubungan dengan langkahnya penelitian yang melakukan dalam Pendidikan Islam. Penelitian ini diawali oleh permasalahan dimana gaya kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal kepala madrasah perempuan yang merupakan bagian penting untuk meningkatkan kinerja guru dengan tujuan penelitian melihat pengaruh gaya kepemimpinan transformasional serta komunkasi interpersonal terhadap kinerja guru dalam peningkatan kinerja. Komunikasi yang terjadi di sekolah terutama antara kepala madrasah perempuan dan guru, jika dilakukan secara baik dan intensif, maka diharapkan bisa mempengaruhi sikap guru dalam menjalankan tugasnya sehari-hari yang berujung pada peningkatan kinerjanya di sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah Perempuan terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Sumedang. Sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan ilmu atau teori-teori serta memberikan wawasan bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah lainnya dalam pengembangan ilmu pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dimana peneliti terlibat secara langsung selama proses penelitian, yang melibatkan paradigma teoritis, hipotesis, metode pengumpulan data melalui angket, maupun pengembangan interpretasi serta pemaparan atau persentasi. Dalam analisis datanya digunakan uji regresi linear berganda untuk mengetahui hubungan antara variabel baik secara parsial maupun secara simultan. Hasil penelitian ini ditemukan adanya hubungan secara parsial maupun simultan antara Gaya Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi Interpersonal Kepala Madrasah Perempuan dan Kinerja Guru. Secara parsial diperoleh nilai Sig.t 0,004 < 0,05 artinya bahwa gaya kepemimpinan interpersonal berkontribusi terhadap kinerja guru, kemudian Sig.t 0,007 < 0,05 sehingga menyatakan bahwa komunikasi interpersonal berhubungan terhadap kinerja guru. Secara simultan nilai Sig. F 0,010 < 0,05 sehingga menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal kepala madrasah perempuan secara simultan berhubungan bersama-sama terhadap kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Sumedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Transformasional; Komunikasi; Interpersonal; Kinerja.
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Education and Research of Literatures
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Minnatillah Minnatillah
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:20
Last Modified: 14 Oct 2022 01:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60014

Actions (login required)

View Item View Item