Strategi Komunikasi Infobdg Media Network Dalam Menghadapi Persaingan Media Online di Kota Bandung

Setiawan, Diki (2017) Strategi Komunikasi Infobdg Media Network Dalam Menghadapi Persaingan Media Online di Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Dalam menghadapi kondisi persaingan yang semakin ketat, dibutuhkan strategi-strategi yang efektif untuk mempertahankan perusahan di tengah persaingan tersebut. Infobdg tidak hanya aktif memberikan informasi pada situs web yang dijalankanya saja, melainkan khalayak dapat dengan mudah mengakses situs berita dari akun jejaring sosial twitter, facebook, instagram, dan lainya. Link tersebut akan tersambung untuk mengunjungi website Infobdg Media Network. Selain memberikan berita dalam bentuk teks, Infobdg aktif memberikan berita berbentuk gambar, video hingga streaming. Inovasi tersebut dapat meningkatkan rasa ingin tahu khalayak mengenai Bandung secara menyuluruh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi informasi, strategi konten, dan strategi layout serta gaya bahasa yang digunakan oleh Infobdg Media Network dalam menghadapi persaingan media. Penelitian ini berdasarkan teori hirarki pengaruh isi media diperkenalkan oleh Pamela J Shoemaker dan Stephen D. Reese. Teori ini menjelaskan tentang pengaruh terhadap isi dari dari suatu pemberitaan media oleh pengaruh internal dan eksternal. Shoemaker dan Reese membagi kepada beberapa level pengaruh isi media. Yaitu pengaruh dari individu pekerja media (individual level), pengaruh dari rutinitas media (media routines level), pengaruh dari organisasi media (organizational level), pengaruh dari luar media (outside media level), dan yang terakhir adalah pengaruh ideologi (ideology level). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus di Infobdg serta pendekatan kualitatif, sehingga peneliti memberikan gambaran objek mengenai Infobdg secara jelas dan sistematis, penelitian ini berdasarkan data yang diperoleh baik dari pustaka, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan beberapa strategi Infobdg dalam menghadapi persaingan media. (1) strategi informasi yang meliputi cara mencari informasi, mengelolah informasi dan menyebarluaskan informasi. (2) strategi dalam pengelolaan konten dan penentuan konten dari informasi yang didapat. (3) desain dan gaya bahasa dalam mengelola informasi, dengan desain yang komunikatif Infobdg memberikan informasi lengkap serta gaya bahasa menentukan informasi-informasi yang di olah untuk disebarluaskan. ketiganya merupakan strategi Infodg dalam melakukan persaingan di antara media saat ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Media; Strategi Komunikasi; Infobdg Media Online
Subjects: Journalism and Newspapers in Other Geographics Area
Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: diki setiawan
Date Deposited: 31 Jan 2018 07:40
Last Modified: 31 Jan 2018 07:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5930

Actions (login required)

View Item View Item