Pesan dakwah pada akun media sosial Tiktok Agam Fachrul : Analisis semiotika Roland Barthes pada konten Tiktok @heyouw0)

Putri, Kintan Safira Meidiza (2022) Pesan dakwah pada akun media sosial Tiktok Agam Fachrul : Analisis semiotika Roland Barthes pada konten Tiktok @heyouw0). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy

Abstract

Media sosial merupakan platform terkini dari teknologi berbasis internet, yang dapat memudahkan setiap individu untuk melakukan proses berkomunikasi dan dapat menyebarluaskan konten komunikasinya. Media sosial dapat menyampaikan pesan kepada banyak orang dan tidak hanya kepada satu individu. Maka proses dakwah dapat dilakukan melalui media sosial. Salah satu media sosial yang dapat digunakan dalam berdakwah yaitu akun media sosial Tiktok. Peneliti mengambil akun media sosial tiktok milik Agam Fachrul untuk diteliti dalam menyampaikan dakwahnya melalui konten tiktok yang menyerukan nilai-nilai keislaman. Pesan-pesan dakwah yang disampaikan sering kali berkaitan dengan fenomena yang saat ini terjadi khususnya dikalangan remaja. Mengusung konten dakwah yang berkaitan dengan remaja ‘galau’ tersebut, Ustadz Agam Fachrul semakin dikenal dan digandrungi dakwahnya di akun media sosial Tiktok. Karenanya, penulis memilih untuk menganalisis lebih dalam mengenai pesan dakwah di akun media sosial tiktok milik Agam Fachrul. Penelitian ini difokuskan untuk meneliti mengenai makna denotasi, konotasi, dan mitos pada pesan dakwah yang terkandung dalam konten video akun Tiktok @heyouw0. Peneliti menggunakan teori analisis semiotika Roland Barthes untuk membedah pesan dakwah pada beberapa konten video tiktok ustadz Agam Fachrul. Paradigma penelitian yang digunakan yaitu interpretatif dengan pendekatan kualitatif, dan dengan metode penelitian yang digunakan yaitu metode semiotika menurut Roland Barthes. Pemilihan teori semiotika sebagai penjelasan menentukan makna pesan dakwah pada konten tiktok Agam Fachrul. Penulis mendapatkan hasil penelitian yang menjawab permasalahan pada fokus penelitian. Terdapat temuan penting mengenai pesan ekspresif sebagai makna denotatif, pesan agitatif sebagai makna konotasi, dan mengenai pesan persepsi sebagai makna mitos yang didapatkan dari lima konten video pada akun Tiktok @heyouw0. Hal ini ditelaah dari gestur, penampilan, gaya bicara serta cara mengkonstruk pesan dakwah Agam Fachrul dalam video tiktok tersebut sehingga mendapatkan makna yang diartikan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; semiotika Roland Barthes; konten tiktok
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Kintan Safira Meidiza Putri
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:50
Last Modified: 30 Sep 2022 03:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58677

Actions (login required)

View Item View Item