Tanggapan santri terhadap penerapan metode tanya jawab hubungannya dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Fikih: Penelitian korelasional terhadap santri kelas Al-Quran Pesantren Al-Hilal 7 Kecamatan Panyileukan Kota Bandung

Maryam, Siti Fitriani (2022) Tanggapan santri terhadap penerapan metode tanya jawab hubungannya dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Fikih: Penelitian korelasional terhadap santri kelas Al-Quran Pesantren Al-Hilal 7 Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (735kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti dimana peneliti memperoleh informasi awal bahwa penerapan metode tanya jawab pada mata pelajaran Fikih mendapat tanggapan yang cukup positif dari santri kelas Al-Quran Pesantren Al-Hilal 7 Panyileukan. Namun, di sisi lain masih banyak santri yang hasil belajar kognitifnya rendah. Dari 20 santri yang berada di kelas Al-Quran, 14 diantarnya memiliki hasil belajar kognitif yang rendah. Hal tersebut menunjukan adanya kesenjangan dan sekaligus menjadi permasalahan yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Realitas tanggapan santri kelas Al-Quran Pesantren Al Hilal 7 Panyileukan terhadap penerapan metode tanya jawab pada mata pelajaran Fikih (2) Realitas hasil belajar kognitif santri kelas Al-Quran Pesantren Al-Hilal 7 Panyileukan pada mata pelajaran Fikih (3) Hubungan antara tanggapan santri kelas Al-Quran Pesantren Al-Hilal 7 Panyileukan terhadap penerapan metode tanya jawab dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Fikih. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif santri pada mata pelajaran Fikih dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah tanggapan mereka terhadap penerapan metode tanya jawab pada mata pelajaran Fikih. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan santri terhadap penerapan metode tanya jawab, maka akan semakin baik (tinggi) hasil belajar kognitif mereka, begitu pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket (kuisioner), tes, dan studi dokumen. Jenis data yang digunakanan data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Realitas (X) di kelas Al-Quran Pesantren Al-Hilal 7 Panyileukan termasuk kategori cukup, dengan skor rata-rata 2,86 yang berada pada rentang skala 2,5 – 3,5. (2) Realitas (Y) di kelas Al-Quran Pesantren Al-Hilal 7 Panyileukan termasuk kategori cukup, dengan skor rata-rata 63,54 yang berada pada rentang skala 60 – 69. (3) Hubungan variabel X dan Y memiliki koefesien korelasi sebasar 0,90 yang berada pada rentang 0,9 – 1,00, artinya korelasi dari kedua variabel tersebut sangat tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung = 2,76 dan ttabel = 1,734 dimana thitung (8,87) ≥ ttabel (1,734) dengan demikian hipotesis (H0) ditolak dan hiptesis (Ha), artinya terdapat hubungan yang signifikan variabel X dan Y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Metode Tanya Jawab; Hasil Belajar Kognitif; Fikih.
Subjects: Education > Organization of Education
Public Policy Issues in Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Fitriani Maryam
Date Deposited: 23 Sep 2022 05:52
Last Modified: 23 Sep 2022 05:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57913

Actions (login required)

View Item View Item