Perubahan perilaku sosial pada anak Sekolah Dasar pasca pembelajaran daring : Penelitian pada anak Sekolah Dasar MI Nurussaadah di Desa Saguling Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat

Hendar, Hendar (2022) Perubahan perilaku sosial pada anak Sekolah Dasar pasca pembelajaran daring : Penelitian pada anak Sekolah Dasar MI Nurussaadah di Desa Saguling Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy

Abstract

Adanya pandemi mengubah sistem pendidikan menjadi daring di rumah menggunakan gawai (gadget) kemudian seiring berjalannya waktu karena pandemi intensitasnya menurun pemerintah memperbolehkan kembali tatap muka di sekolah secara langsung bagi zona hijau dengan mematuhi aturan protokol kesehatan. Begitupun pada sekolah dasar MI Nurusaadah memberlakukan kembali pembelajaran secara tatap muka di sekolah. Namun pasca proses pembelajaran daring ini, karena adanya kebiasaan anak sekolah dasar MI Nurussaadah disaat pembelajaran daring yang masih terbawa, sehingga ketika diterapkan kembali pembelajaran secara tatap muka anak menjadi kecanduan dan mempengaruhi perubahan perilaku sosial lainnya menjadi berubah. Tujuan penelitian.1).Untuk mengetahui bagaimana perubahan perilaku sosial pada anak sekolah dasar MI Nurussaadah pasca adanya pembelajaran daring. 2).Untuk mengetahui apa saja faktor penyebab terjadinya perubahan perilaku sosial pada anak sekolah dasar MI Nurussaadah pasca adanya pembelajaran daring. 3).Untuk mengetahui bagaimana dampak dari adanya perubahan perilaku sosial pada anak sekolah dasar MI Nurussaadah pasca adanya pembelajaran daring. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Teori Behavioral Skinner dimana perubahan perilaku dalam suatu lingkungan melalui jalan tertentu, kemudian mendatangkan akibat yaitu perubahan perilaku. Dan adanya penguatan (Reinforcement) yaitu stimulus berbentuk reward lalu adanya respons yang dipertunjukan, namun akan terdapat konsekuensi yang diterima. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian 1). Perubahan perilaku sosial pada anak sekolah dasar MI Nurussaadah di Desa Saguling pasca pembelajaran daring, terutama pada anak kelas dua dan tiga. Perubahan perilaku pada saat berada di rumah. Penggunaan gadget yang berlebihan (kecanduan). Malas dalam belajar tanpa adanya reward. Enggan untuk bersosialisasi dengan teman sekitar. Penurunan etika dan sopan santun kepada orang tua. Perubahan perilaku sosial yang terjadi di sekolah. Tidak merasa nyaman belajar di kelas. Kurang memiliki motivasi belajar. Menurunnya pemahaman pembelajaran. Kurang aktif saat belajar. Sulit dalam bersosialisasi dengan teman sekelas. Sulit dikontrol dan menurunnya sopan santun. 2). Faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku sosial anak sekolah dasar MI Nurussaadah pasca pembelajaran daring. Perubahan sistem pembelajaran yang berdampak pada perubahan perilaku anak. Kurangnya tingkat pengawasan dan bimbingan orang tua terhadap anak pada saat berlangsungnya pembelajaran daring. Pemberian reward agar anak termotivasi untuk belajar. 3). Adapun dampak dari perubahan perilaku sosial anak sekolah dasar MI Nurussaadah pasca pembelajaran daring saat berada di rumah. Kecanduan dalam penggunaan gadget. Malas dalam belajar. Ketika dinasehati banyak alasan serta sering mengeyel. Menurunnya etika sopan santun yang signifikan terhadap orang tua. Sedangkan dampak perubahan perilaku saat berada di sekolah. Tidak betah belajar disekolah. Sebagian anak belajarnya terlalu santai. Menurunnya tingkat pemahaman anak dalam belajar di kelas. Pada saat disuruh atau dinasehati agak susah ngeyel. Dalam bahasa maupun sikapnya jadi kurang sopan terhadap pengajar. Kedekatan dan kebersamaan sesama teman yang lainnya berkurang pada saat di kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perubahan perilaku sosial; Pembelajaran; Pasca daring
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Hendar Hendar
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:32
Last Modified: 16 Sep 2022 03:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56996

Actions (login required)

View Item View Item