Hubungan penggunaan Learning Management System (LMS) berbasis Web E-Knows dengan tata kelola pembelajaran

Saleh, Khairul (2022) Hubungan penggunaan Learning Management System (LMS) berbasis Web E-Knows dengan tata kelola pembelajaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan Learning Management System (LMS) memiliki berbagai keuntungan yang dapat dimanfaatkan. Namun masalah muncul ketika dosen dan mahasiswa belum bisa memanfaatkan secara optimal pembalajaran menggunakan Learning Management System (LMS) yang menguntungkan tersebut, terutama terkait teknis mengoperasionalkan terhadap pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan Learning Management System (LMS) berbasis Web E-Know; 2) Tata Kelola Pembelajaran; 3) hubungan Penggunaan Learning Management System (LMS) berbasis Web E-Knows dengan Tata Kelola Pembelajaran di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Penelitian ini variabel (Y) memiliki indikator : 1) Perceived Ease of User; 2) Perceived Usefulness; 3) Attitude Toward Using; 4) Behavioral Intention to Use; 5) Actual System Usage. Dengan variabel (X) memiliki indikator : 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; 3) Evaluasi. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesa penelitian : H0 : Tidak ada hubungan antara penggunaan Learning Management System (LMS) berbasis web e-Knows dengan tata kelola pembelajaran. Hα : Terdapat hubungan antara penggunaan Learning Management System (LMS) berbasis web e-Knows dengan tata kelola pembelajaran. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang berjenis korelasi (hubungan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket/ kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrument (validasi dan rehabilitasi), uji nalisis parsial perindikator, uji prasyarat (uji normalitas dan linieritas), serta uji korelasi. Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan Learning Management System (LMS) berbasis Web E-Knows menunjukkan nilai rata-rata 3,57 karena terdapat pada rentang interval 3,40 – 4,19 maka termasuk pada kualifikasi baik. 2) Tata Kelola Pembelajaran menunjukkan nilai 3,31 karena terdapat pada rentang interval 2,60 – 3,39 maka termasuk pada kualifikasi Cukup. 3) Hubungan Penggunaan Learning Management System (LMS) Berbasis Web E-Knows dengan Tata Kelola Pembelajaran di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Bandung berkorelasi positif dan signifikan, dengan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,668 angka tersebut berada pada rentang 0,60 – 0,799. yang dikategorikan tingkat korelasi Kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Learning Management System (LMS); Web E-Knows; Tata Kelola Pembelajaran
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Khairul Saleh
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:28
Last Modified: 12 Sep 2022 08:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56220

Actions (login required)

View Item View Item