Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian pada siswa kelas XI SMALB Citeureup Kota Cimahi

Muqtasid, Marwan Hadiid (2022) Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian pada siswa kelas XI SMALB Citeureup Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai kesulitan siswa autis dan tunagrahita dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI SMALB Negeri Citeureup kota Cimahi. Siswa tidak fokus dalam belajar ketika guru tidak menggunakan metode yang bervariatif. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif diantaranya yaitu model pembelajaran Visual Auditory dan kinesthethic. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perencanaan pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic. 2) Pelaksanaan pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic. 3) Evaluasi pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic. 4) Faktor faktor penunjang dan penghambat dalam pembelajaran Visual Auditory Kinesthethic, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada anak berkebutuhan khusus kelas XI SMALB Negeri Citereup Kota Cimahi.. Model pembelajaran merupakan salah satu variabel yang signifikan dalam pembelajaran. Model pembelajaran Visual Auditory Kinesthethic memaksimalkan pada tiga mode pembelajaran untuk membantu guru dan siswa merasa nyaman dalam proses pembelajaran. Paradigma Visual Auditory Kinesthethic menggunakan tiga macam sensor informasi yaitu penglihatan, pendengaran dan gerak tubuh. Pembelajaran yang efektif dan efisien dihasilkan dari penggunaan pembelajaran dengan memperhatikan ketiga faktor tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Sementara itu, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu: Analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan dalam pembelajaran Visual Audity Kinesthethic yaitu guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis pembelajaran Visual Auditory kinesthethic. Dalam penyusunan RPP guru mengembangkan model pembelajaran karena pada peserta didik autis dan tunagrahita sulit untuk fokus dengan satu model pembelajaran. 2) Pelaksanaan dalam pembelajaran Visual Auditory Kinesthethic, guru senantiasa mengacu pada RPP. Namun pada kenyataannya guru masih belum sesuai dengan RPP tersebut karena menyesuaikan dengan kondisi peserta didik. 3) Evaluasi dalam pembelajaran Visual Auditory Kinesthethic yang dilakukan guru yaitu dengan memberikan pendekatan dengan praktek dan mencontohkan. 4) Faktor penunjang pembelajaran Visual Auditory Kinesthethic yaitu latar belakang pendidikan guru yang tepat, dan lingkungan yang baik. Adapun faktor penghambat yaitu sarana prasarana yang masih belum lengkap yaitu belum adanya laboratorium dan alat peraga pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang lengkap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Visual; Auditory; kinesthetic; SMALB; ABK; Model Pembelajaran
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marwan Hadiid Muqtasid
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:22
Last Modified: 08 Sep 2022 03:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56089

Actions (login required)

View Item View Item