Hubungan pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis hybrid learning dengan efektivitas pembelajaran: Penelitian pada mahasiswa semester III tahun ajaran 2021/2022 di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kholilah, Ismatul (2022) Hubungan pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis hybrid learning dengan efektivitas pembelajaran: Penelitian pada mahasiswa semester III tahun ajaran 2021/2022 di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (2).pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 (1).pdf

Download (877kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy

Abstract

Hybrid Learning merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online. Untuk menunjang pembelajaran hybrid learning diperlukan ketersediaan sarana dan prasarana berbasis teknologi. Namun terdapat beberapa permasalahan diantaranya pengadaan kelas yang dilengkapi sarana dan prasarana hybrid learning hanya memfasilitasi satu kelas untuk satu jurusan, hal tersebut mengakibatkan adanya penggabungan 2 kelas dalam satu waktu perkuliahan. Selain itu juga mengakibatkan sistem pembelajaran yang seharusnya 2 SKS menjadi 60 menit saja disetiap mata kuliahnya. Ketersediaan camera hanya dimiliki satu unit untuk satu jurusan belum bisa memfasilitasi proses pembelajaran dikarenakan camera tersebut mengalami overheat sehingga membutuhkan jeda waktu untuk mendinginkan mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis hybrid learning di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, untuk mengetahui efektivitas pembelajaran di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, untuk mengetahui hubungan pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis hybrid learning dengan efektivitas pembelajaran pada mahasiswa di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pendekatan kuantitatif berjenis korelasi yang dilakukan terhadap 100 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis data dilakukan dengan tahapan uji instrumen untuk mengetahui validitas dan reabilitas kuesioner, uji analisis parsial per indikator, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas, serta uji hubungan atau korelasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hubungan antara pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis hybrid learning dengan efektivitas pembelajaran menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti adanya hubungan secara signifikan antara pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran berbasis hybid learning dengan efektivitas pembelajaran pada mahasiswa semester III TA 2021/2022 di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kemudian diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,511 memiliki kekuatan sedang karena berada pada interval 0,40-0,599. Jenis hubungan kedua variabel mengarah pada sifat positif karena nilai pearson correlation sebesar 0,511 dengan tidak adanya nilai negatif (-) pada angka tersebut. Selanjutnya nilai koefisien determinasi (R Square) memperoleh persentase sebesar 26,1% maka Kd mendekati nol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Sarana dan Prasarana; Pembelajaran Hybrid Learning; Efektivitas Pembelajaran
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ismatul Kholilah
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:40
Last Modified: 08 Sep 2022 03:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56036

Actions (login required)

View Item View Item