Pengaruh Trend Fashion dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif dalam perspektif ekonomi syariah : Studi kasus pada mahasiswi jurusan ekonomi syariah angkatan 2018-2021 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Mulyani, Evi (2022) Pengaruh Trend Fashion dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif dalam perspektif ekonomi syariah : Studi kasus pada mahasiswi jurusan ekonomi syariah angkatan 2018-2021 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy

Abstract

Mengkonsumsi Barang-barang secara berlebihan di namakan dengan perilaku konsumtif, untuk mencegah terjadinya perilaku konsumtif diperlukan pengetahuan dalam kegiatan konsumsi. Disamping itu salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku konsumtif adalah gaya hidup yang berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Trend Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif, kemudian untuk mengetahui berpengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif, untuk mengetahui Trend Fashion dan gaya hidup secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif dan juga untuk mengetahui trend fashion dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif dalam perspektif ekonomi Syariah. Pada Mahasiswi Ekonomi Syariah Angkatan 2018- 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode Penelitian yang di gunakan metode penelitian mix metods atau lebih di kenal dengan metode campuran. Jenis data yang di gunakan adalah primer yang di peroleh dengan cara menyebarkan kuesioner atau google from. Adapun Teknik analisis data yang di gunakan adalah uji instrument penelitian, dimana peneliti menggukan bantuan program aplikasi IBM SPSS versi 26 dalam penganalisis data penelitian Hasil dari Analisis data pada penelitian ini menunjukan trend fashion dan gaya hidup berpengaruh postif terhadap perilaku konsumtif , hal tersebut dapat di lihat dengan hasil uji t (parsial) yaitu thitung (5,328) > ttabel (1,656) dengan nilai (sig ) ( 0,000<0,05). Kemudian Gaya hidup berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswi ekonomi Syariah. Hal ini di buktikan dengan hasil uji t (parsial) yaitu t hitung (15,263) > ttabel (1,656) dengan nilai (sig) (0,000<0,05). Serta Trend fashion dan Gaya Hidup secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hal tersebut di buktikan dengan memperoleh nilai f-hitung sebesar 191,732 dengan signifikan uji f sebesar 0,000 maka 0.000<0,05, dan hasil pengujian koefisien determinasi (R) menyatakan bahwa besarnya pengaruh trend fashion dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif dengan koefisien determinasi dengan nilai sebesar 75,1 dan sisanya 24,9% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Dalam Islam bahwa prinsip perilaku konsumsi yang memberikan kepuasan kepada konsumen menurut islam adalah barang-barang yang di konsumsi harus halal dan suci dan tidak mengikuti hawa nafsu dan Langkah- langkah syatan pada setiap Tindakan konsumsinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Trend Fashion; gaya hidup; perilaku konsumtif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Evi Mulyani
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:13
Last Modified: 06 Sep 2022 02:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55808

Actions (login required)

View Item View Item