Pengaruh Sabar dan Tawakal terhadap Quarter Life Crisis: Studi pada Mahasiswa Jurusan Tasawuf Psikoterapi Angkatan 2019 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Noperansa, Priska (2022) Pengaruh Sabar dan Tawakal terhadap Quarter Life Crisis: Studi pada Mahasiswa Jurusan Tasawuf Psikoterapi Angkatan 2019 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy

Abstract

Quarter life crisis (qlc) atau biasa disebut krisis seperempat baya adalah fase yang dialami oleh individu pada masa remaja menuju masa dewasa (18-40 tahun). Pada fase ini mereka akan mengalami adaptasi terhadap pola hidup baru, yang jika individu tidak bisa mengatasinya akan membuatnya stres dan mempengaruhi kesehatan mental. Peneliti mengasumsikan sabar dan tawakal bisa memberikan efek positif agar mampu mengendalikan diri dan menerima keadaan dirinya sehingga terjauh dari stress dan kesehatan mentalnya terjaga. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah sabar dan tawakal dapat mempengaruhi quarter life crisis yang tengah dialami oleh mahasiswa angkatan 2019 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode asosiatif kausal, karena peneliti ingin mencari pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent. Data yang didapatkan adalah hasil dari penyebaran angket kepada 44 mahasiswa angkatan 2019 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS IBM 25, menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tingkat sabar mahasiswa berada pada tingkat sedang (sudah cukup mampu mengatasi qlc dengan tenang, menahan diri dari perasaan khawatir dan menghempaskan stres dengan bepikir lebih panjang dan tidak tergesa-gesa) yakni sebesar 57%. Untuk tingkat tawakal juga berada pada tingkat sedang (individu tengah berusaha menjadikan kehendak Tuhan sebagai pilihan yang terbaik bagi dirinya, membuat individu merasa tenang, tentram dan optimis) dengan prosentase 50%. Mahasiswa yang mengalami qlc berada pada tingkat sedang (tidak sepenuhnya stuck dalam cara coping terhadap qlc, sehingga individu tidak selalu menjadikan qlc sbagai hal negatif, tapi positif karena dengan adanya qlc membantu individu melatih dirinya agar mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan) dengan prosentase sebesar 64%. Sementara hasil analisis regresi linier berganda didapatkan hasil sebesar -0,428 untuk sabar dan -1,349 untuk tawakal, dengan determinasi koefisien sebesar 56,9% yang artinya adanya pengaruh yang negatif dari sabar dan tawakal terhadap quarter life crisis pada mahasiswa angkatan 2019 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sabar; Quarter Life Crisis; Tawakal
Subjects: Islam > Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Priska Noperansa
Date Deposited: 05 Sep 2022 08:19
Last Modified: 06 Sep 2022 08:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55484

Actions (login required)

View Item View Item