Pengaruh Pembelajaran Berbasis Blended Learning (PBBL) terhadap pembentukan akhlak "Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru" pada masa pandemi : Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Cicalengka Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Utami, Rizki Aulia (2022) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Blended Learning (PBBL) terhadap pembentukan akhlak "Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru" pada masa pandemi : Penelitian terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Cicalengka Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan yakni pelaksanaan pembelajaran secara terbatas di sekolah karena adannya virus covid-19. Untuk mengurangi penyebaran virus tersebut perlu adanya sistem pembelajaran yang memungkinkan anak bisa belajar di rumah agar proses pembelajaran dan pembentukkan karakter maupun akhlak terkhusus kepada orang tua maupun guru bisa tetap berjalan. Pembelajaran berbasis blended learning menjadi salah satu cara yang bisa diterapkan untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran berbasis blended learning terhadap pembentukkan akhlak “Hormat dan Patuh kepada Orang Tua dan Guru” pada masa pandemi terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Cicalengka Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa pembentukkan akhlak pada siswa salahsatunya dipengaruhi oleh sitem pembalajaran yang digunakan di sekolah. Oleh karena itu, hipotesis yang di ajukan adalah semakin baik sistem pembelajaran yang digunakan, maka akan semakin baik akhlak yang terbentuk pada siswa. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimental dengan desain The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII E di SMP Negeri 1 Cicalengka yang berjumlah 38 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive. Untuk memperoleh data pelaksanaan pembelajaran berbasis blended learning peneliti menggunakan teknik kuisioner atau angket, sedangkan untuk memperoleh data pembentukkan akhlak “Hormat dan Patuh kepada Orang tua dan Guru” menggunakan kuisioner atau angket dan pretest-posttest, sedangkan untuk memperoleh data pendukung lainnya digunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran berbasis blended learning tergolong baik dibuktikan dengan hasil angket yang disebarkan kepada 38 responden berada pada interval 3,5 - 4,2 yakni sebesar 3,89. 2) pembentukan akhlak siswa “Hormat dan Patuh kepada Orang Tua dan Guru” tergolong baik dibuktikan dengan hasil angket yang berada pada interval 3,5 - 4,2 yakni sebesar 4,06. 3) pembelajaran berbasis blended learning memberi pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan akhlak siswa “Hormat dan Patuh kepada Orang tua dan Guru”, dibuktikan melalui analisis uji-T sampel berpasangan dengan hasil t-hitung > t-tabel (17.734 > 2.0395) dan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 atau <0.05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Blended Learning; Pembentukan Akhlak
Subjects: Islam > Islam and Technology
Islam > Specific Moral Issues
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizki Aulia Utami
Date Deposited: 05 Sep 2022 08:46
Last Modified: 08 Sep 2022 00:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/55453

Actions (login required)

View Item View Item