Pengaruh motivasi belajar dan persepsi santri terkait muwajahah terhadap prestasi belajar pada pelajaran ilmu nahwu pondok Pesantren Al-Ishlah Tajug

Dinazad, Faidhoh Hairozad Husna (2022) Pengaruh motivasi belajar dan persepsi santri terkait muwajahah terhadap prestasi belajar pada pelajaran ilmu nahwu pondok Pesantren Al-Ishlah Tajug. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya prestasi belajar dalam suatu pelajaran merupakan hal yang umum dan sering terjadi dalam dunia pendidikan serta menjadi hal penting bagi pengajar dan tokoh pendidikan. Beberapa faktor yang melatarbelakangi rendahnya prestasi belajar antara lain motivasi belajar dan metode pembelajaran. Berdasarkan studi awal, ditemukan rendahnya prestasi belajar pada pelajaran ilmu nahwu santri pondok pesantren Al-Ishlah Tajug. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan persepsi santri terkait metode pembelajaran muwajahah terhadap prestasi belajar pada pelajaran ilmu nahwu. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis instrumen Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan aplikasi SmartPLS 3 dan analisis data menggunakan uji linier berganda dengan Statictical Product and Service Solution (SPSS) versi 22 dengan sampel sebanyak 186 santri yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Hasil pada penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh secara simultan sebesar 17.5 % antara motivasi belajar dan persepsi santri terkait muwajahah terhadap prestasi belajar pada pelajaran ilmu nahwu pondok pesantren Al- Ishlah Tajug. Namun, secara parsial motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar pada pelajaran ilmu nahwu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar;persepsi;muwajahah;prestasi belajar
Subjects: Arabic
Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Faidhoh Hairozad Husna Dinazad
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:03
Last Modified: 12 Aug 2022 03:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54916

Actions (login required)

View Item View Item