Hubungan bimbingan orang tua dengan karakter siswa Madrasah Ibtidaiyah : Studi penelitian uji korelasi pada siswa kelas tinggi MI PUI Malausma 2 kecamatan Malausma

Aini, Alfan Siti Qurrotul (2022) Hubungan bimbingan orang tua dengan karakter siswa Madrasah Ibtidaiyah : Studi penelitian uji korelasi pada siswa kelas tinggi MI PUI Malausma 2 kecamatan Malausma. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy

Abstract

Orang tua merupakan lingkungan pertama yang menjadi sumber pengetahuan serta pertumbuhan karakter bagi siswa. Anak akan menjadi pribadi yang berkarakter apabila mereka tumbuh dalam ringkungan keluerga yang berkarakter juga. Bimbingan yang oleh orang tua kepada anak akan mejadi bekal bagi pertumbuhan kebiasaan atau karakter anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan bimbingan orang tua dengan karakter siswa kelas tinggi di MIS PUI Malausma 2. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan kepada siswa kelas tinggi MIS PUI Malausma 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian menggunakan teknik bivariate di mana penelitia melakukan perhitungan uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi, dan yang terakhir uji determinan. Hasil dari penelitian ini yaitu bimbingan orang tua memiliki nilai rata-rata 60,33 dan rata-rata dari karakter siswa yaitu 64,28. Hubungan anatar bimbingan orang tua dan karakter siswa pada penelitian ini termasuk pada kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji korelasi dengan menggunakan SPSS 2.0 bahwa r hitung yang diperoleh yaitu 0,625 dengan signifikansi 5% dan jumlah responden 60, maka r tabelnya yaitu 0,254. Sehingga nilai r hitung (0,625) > r tabe (0,254). Maka dapat diartikan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara bimbingan orang tua dan karakter siswa. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa 39% karakter siswa dipengaruhi oleh bimbingan orang tua, sehingga perlu ditingkatkan kembali bimbingan orang tua terhadap siswa mampu memiliki karakter yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orang tua; Karakter Siswa
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alfan Siti Qurrotul Aini
Date Deposited: 01 Aug 2022 00:44
Last Modified: 01 Aug 2022 00:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/54277

Actions (login required)

View Item View Item