Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. AKR Corporindo Tbk. periode 2011-2020

Hidayat, Dian Taufik (2022) Pengaruh Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. AKR Corporindo Tbk. periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Sebagai bentuk usaha, perusahaan tentunya membutuhkan modal yang memadai guna menunjang operasional perusahaan agar mendapatkan keutungan (return) yang diharapkan. Oleh karena itu dibutuhkan investor untuk memenuhi kebutuhan modal perusahaan. Para investor bisa menanamkan modal mereka dengan membeli saham perusahaan di pasar modal. Namun dalam berinvesi saham, para investor harus memperhatikan beberapa faktor sebagai pertimbangan dalam membeli saham perusahaan guna mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Beberapa faktor tersebut diantaranya Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE). Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu guna mengetahui serta menganalisis seberapa besar pengaruh secara parsial dari Gross Profit Margin (GPM) terhadap harga saham pada PT. AKR Corporindo Tbk. periode 2011-2020, pengaruh secara parsial dari Return On Equity (ROE) terhadap harga saham pada PT. AKR Corporindo Tbk. periode 2011-2020, serta pengaruh secara simultan dari Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) terhadap harga saham pada PT. AKR Corporindo Tbk. periode 2011-2020. Pada penelitian ini digunakan teori profitabilitas dimana antara rasio profitabilitas dengan efektivitas perusahaan dalam mengasilkan profit berbanding lurus atau positif, dengan demikian maka akan meningkatkan minat para investor untuk menginvestasikan modal mereka pada saham perusahaan sehingga akan meningkatkan harga saham perusahaan. Oleh karena itu Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) berpengaruh positif terhadap Harga Saham. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data sekunder merupakan data yang digunakan dalam penelitian ini. Data tersebut diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan dalam situs web resmi perusahaan yaitu https://www.akr.co.id. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji asumsi klasik, analisis deskriptif, uji asosiatif, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Gross Profit Margin (GPM) tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan hasil thitung<ttabel (1,916<2,306) serta nilai koefisien determinasi sebesar 31,5%. Sedangkan secara parsial Return On Equity (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan hasil thitung<ttabel (-0,994<2,306) serta nilai koefisien determinasi sebesar 11%. Kemudian secara simultan Gross Profit Margin (GPM) dan Retun On Equity (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan hasil Fhitung<Ftabel (1,675<4,74) serta nilai koefisien determinasi sebesar 32,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gross Profit Margin (GPM); Return On Equity (ROE); Harga Saham
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Dian Taufik Hidayat
Date Deposited: 19 Jul 2022 06:24
Last Modified: 19 Jul 2022 06:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/53543

Actions (login required)

View Item View Item