Tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe index card match hubungannya dengan prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih

Ernawati, Ernawati (2012) Tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe index card match hubungannya dengan prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena di MTs As-Salam Peundeuy Garut, yaitu adanya permasalahan yang menunjukkan masih ditemukannya siswa yang mendapatkan prestasi rendah, sedangkan guru telah maksimal dalam menyampaikan materi dengan menggunakan metode yang tepat. Dari kesenjangan tersebut, menimbulkan permasalahan yang berkaitan dengan bagaimana realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi Index Card Match dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa kelas VII MTs As-Salam Peundeuy Garut terhadap penggunaan strategi Index Card Match, Prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih, dan hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi Index Card Match dengan prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa penggunaan strategi index card match strategi yang menuntut siswa untuk bekerja sama dan dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa atas apa yang dipelajari dengan cara yang menyenangkan. Dengan menggunakan strategi index card match yang tepat akan berpengaruh terhadap prestasi kognitif yang dicapai. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi index card match, maka semakin tinggi prestasi kognitif siswa pada mata pelajran fiqih, begitu pula sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Untuk pengumpulan datanya diperoleh dari hasil angket, tes, observasi, wawancara dan studi pustaka. Kemudian analisis datanya menggunakan analisis parsial dan korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi index card match termasuk pada kategori tinggi. Hal ini berdasarkan skor 3,7 yang berada pada interval 3,5 – 4,5, (2) Prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih termasuk pada kategori tinggi. Hal ini berdasarkan skor 73,7 yang berada pada interval 70 – 79, dan (3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi Index Card Match dengan prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih adalah: (a) koefesien korelasinya termasuk kategori sangat tinggi. Hal ini berdasarkan skor 0,96 yang berada pada interval 0,80 – 100, (b) adapun hasil uji hipotesis diketahui (thitung 83,12 > ttabel1,67), yang berarti terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi index card match dengan prestasi kognitif. Kadar pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 92%. Hal ini berarti masih terdapat faktor lain yang mempengaruhi prestasi kognitif siswa kelas VII MTs As-Salam pada mata pelajaran fiqih sebesar 8%, baik yang berasal dari dalam diri siswa maupun faktor yang datang dari luar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 16 Jan 2018 05:52
Last Modified: 16 Jan 2018 05:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5310

Actions (login required)

View Item View Item