Manajemen strategi pondok pesantren dalam mengembangkan kewirausahaan santri : Studi deskriptif di pondok pesantren Darul Ma'arif Cikedung

Lestari, Ayu (2022) Manajemen strategi pondok pesantren dalam mengembangkan kewirausahaan santri : Studi deskriptif di pondok pesantren Darul Ma'arif Cikedung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Darul Ma’arif merupakan salah satu pondok pesantren yang dalam program memandirikan santrinya dengan kegiatan kewirausahaan, untuk mengembangkan kewirausahaan tersebut, pondok pesantren Darul Maarif tentunya harus memiliki strategi yang tepat untuk keberlangsungan kegiatan kewirausahaan agar terlaksana dengan baik. Tahapan pondok pesantren dalam pengembangan kewirausahaan ini berawal dari perencanaan, meninjau faktor pendukung dan penghambat dan pelaksanaan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pondok pesantren, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam strategi mengembangkan kewirausahaan ini dan implementasi atau pelaksanaan strategi dalam mengembangkan kewirausahaan ini. Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan secara sistematis dengan metode pengumpulan data berupa observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi yang dibutuhkan. Adapun hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa tahapan-tahapan strategi yang dilakukan Pondok Pesantren Darul Maarif dalam mengembangkan kewirausahaan santri yang meliputi perencanaan berupa analisis internal dan eksternal lingkungan, merumuskan faktor-faktor keberhasilan, menentukan tujuan, memilih strategi yang tepat untuk pengembangan kewirausahaan santri ini. Selanjutnya pengimplementasian nya berupa penetapan tujuan dan kebijakan, bagaimana pimpinan/ pengasuh memberikan motivasi kepada santri yang ikut menggeluti kewirausahaan, mengembangkan budaya yang mendukung dan menentukan struktur organisasi yang efektif. Selain itu dalam proses pengevaluasian berupa adanya rapat evaluasi sebulan sekali dalam rangka memperbaiki program yang sudah berjalan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pondok pesantren Darul Maarif Cikedung ini dalam mengembangkan kewirausahaan sudah melakukan strategi dengan baik dimulai dengan perencanaan, meninjau faktor pendukung dan faktor penghambat dan pelaksanaan yang tepat dalam mengembangkan kewirausahaan ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi;Pondok Pesantren;Kewirausahaan santri
Subjects: Production, Industrial Economics > Entrepreneurship
Administration of Economy
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ayu Lestari
Date Deposited: 07 Jul 2022 06:23
Last Modified: 07 Jul 2022 06:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52471

Actions (login required)

View Item View Item