Bimbingan Agama dengan teknik pembiasaan ibadah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa : Penelitian deskriptif di MTs Negeri 4 Bogor

Kurnia, Yusni (2022) Bimbingan Agama dengan teknik pembiasaan ibadah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa : Penelitian deskriptif di MTs Negeri 4 Bogor. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (954kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan agama adalah upaya untuk membantu seseorang yang memiliki masalah baik secara fisik maupun spiritual di masa kini dan di masa yang akan datang. Bantuan ini berupa bantuan mental dan spiritual agar seseorang dapat mengatasinya dengan menggantungkan dirinya pada kekuatan iman dan takwa kepada Allah Swt. Berdasarkan fenomena yang ada dan terjadi pada siswa, masih banyak siswa yang siswa yang kurang mampu untuk mengendalikan dirinya, kurangnya rasa empati dan kurangnya kesadaran diri akan rasa tanggung jawabnya sebagai makhluk ciptaan Allah Swt sehingga masih banyak siswa yang melalaikan sholat. Dari persoalan tersebut dapat kita ketahui bahwa itu merupakan gambaran dari rendahnya kecerdasan spiritual yang dimiliki siswa. Oleh karena itu, kecerdasan spiritual sangat penting untuk ditingkatkan serta diaplikasikan untuk mencapai nilai dan perilaku yang baik sesuai dengan yang diharapkan pada diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program bimbingan agama dengan teknik pembiasaan ibadah di MTs Negeri Bogor, untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan agama dengan teknik pembiasaan ibadah dalam meningatkan kecerdasan spiritual siswa dan untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan dari bimbingan agama dengan teknik pembiasaan ibadah dalam peningkatan kecerdasan spiritual siswa. Penelitian ini menggunakan teori kecerdasan spiritual menurut Danah Zohar yaitu kecerdasan spiritual atau spiritual quotiont (SQ) adalah wujud dari kecerdasan yang paling tinggi yang dapat menggabungkan dua kecerdasan yang sebelumnya, yaitu intelligence quotiont atau yang biasa kita kenal dengan kecerdasan intelektual (IQ) dan emotional queston yang biasa kita sebut dnegan kecerdasan emosional (EQ). Kecerdsan spiritual ini disebut sebagai kecerdasan tertinggi karena sangat berhubungan dengan kesadaran seseorang untuk bisa memaknai kehidupanya sehingga dapat menemukan ketenangan dan juga kebahagiaan di dalam hidupnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pegumpulan data ini menggukana observasi, wawancara dan dokumenatsi. Kemudian menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program bimbingan agama dengan teknik pembiasaan ibadah yang menggunakan metode nasihat, ceramah dan uswatun hasanah (Teladan) dapat menimbulkan perubahan pada siswa yaitu membuat siswa memiliki adab dan akhlak yang baik, memiliki sikap tadharu, saling menghormati serta menghargai sesama, siswa rajin melaksanakan solat wajib dan solat sunnah, siswa mampu menyadari tanggung jawabnya, siswa menjadi pandai bersyukur dan siswa mampu mencontoh akhlak Rasulullah Saw serta dan siswa akan terdorong untuk mengikuti kegiatan yang ada di madarasah hal itu menunjukkan bahwa siswa mampu mengembangkan kecerdasan spiritualnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama; Teknik Pembiasaan Ibadah; Kecerdasan Spiritual; Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yusni Kurnia
Date Deposited: 08 Jul 2022 01:50
Last Modified: 08 Jul 2022 01:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/52427

Actions (login required)

View Item View Item