Strategi konvergensi radio : Studi deskriptif terhadap kegiatan konvergensi Live Visual Radio 98.4 FM Prambors Bandung

Hayyi, Abdul (2022) Strategi konvergensi radio : Studi deskriptif terhadap kegiatan konvergensi Live Visual Radio 98.4 FM Prambors Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman menyebabkan pertumbuhan teknologi semakin cepat dan hal itu dibarengi dengan kebutuhan akan informasi yang semakin tinggi. Konvergensi media menjadi kewajiban yang harus dilakukan oleh media saat ini, dengan memperluas jaringan di berbagai media sosial baik itu melalui kegiatan live streaming, aplikasi, maupun platfrom media sosial mainstream yang banyak digunakan oleh khalayak umum. Karena selain persaingan antar media yang semakin ketat, media juga harus pintar melihat peluang ke depan dan konvergensi media menjadi sesuatu yang seharusnya dilakukan untuk menyesuaikan semua itu. Tujuan penelitian ini, pertama untuk mengetahui strategi konvergensi media pada Radio 98.4 FM Prambors Bandung, kedua untuk mengetahui proses kerjasama antar media yang dilakukan Radio 98.4 FM Prambors Bandung, ketiga untuk mengetahui perilaku migrasi khalayak media terhadap konvergensi media yang dilakukan oleh Radio 98.4 FM Prambors Bandung. Penelitian ini menggunakan teori konvergensi media dari Henry Jenkins yang menjelaskan tentang konvergensi merupakan aliran konten di berbagai platfrom, kerjasama antara industri beberapa media, dan perilaku khalayak media. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif dan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data observasi dan wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian strategi konvergensi media Radio 98.4 FM Prambors Bandung itu, pertama, fokus kepada pemanfaatan kegiatan live visual dengan melakukan kegiatan streaming di berbagai platfrom, mengoptimalkan media sosial dengan membuat konten, dan menyebarluaskan di berbagai platfrom seperti website dan aplikasi Prambors. Kedua, untuk proses kerjasama antar media yang dilakukan oleh Radio 98.4 FM Prambors Bandung melakukan MOU, fiksasi rundown, feedback apa yang didapat, dan setelah itu deal. Kemudian Prambors akan mempublish pamflet kegiaannya di media sosial miliknya dan membuat video dokumenter yang nantinya akan diupload di media sosial pilik Prambors. Ketiga, untuk perilaku migrasi khalayak media terhadap konvergensi media yang dilakukan Radio 98.4 FM Prambors Bandung, pada penerapannya Prambors Bandung fokus pada kegiatan live visual dalam berkomunikasi dengan pendengarnya, aktif diberbagai media sosial, dan kegiatan off air. Dengan kegiatan tersebut dilakukan untuk memperluas jaringan dan mempermudah untuk melakukan komunikasi dengan pendengar Prambors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konvergensi Media; Radio; Prambors
Subjects: Communications Telemunications > Radio Broadcasting
Applied Physics > Radio Engineering
Public Performances > Radio Show
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Abdul Hayyi
Date Deposited: 27 May 2022 01:55
Last Modified: 27 May 2022 01:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51570

Actions (login required)

View Item View Item