Penerapan flipped classroom pada materi koloid untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi

Hakiah, Nuralimat (2022) Penerapan flipped classroom pada materi koloid untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis kinerja siswa pada setiap tahapan pembelajaran dengan menerapkan flipped classroom melalui pendekatan saintifik dan menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah pembelajaran dengan menerapkan flipped classroom. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe one-group pretest posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 MA Negeri 3 Garut dengan jumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar observasi, lembar kerja siswa (LKS), serta perangkat tes untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Data diperoleh dari hasil observasi pada kegiatan pembelajaran dan pemberian skor pada soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 92% dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata kinerja siswa pada semua tahapan pembelajaran dengan menerapkan flipped classroom melalui pendekatan saintifik yaitu 92.5 dengan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata tertinggi yang dicapai yaitu pada tahap mengamati dan mengumpulkan data dengan nilai 100 dan interpretasi sangat baik. Nilai rata-rata terendah pada tahap menanya yaitu 77 dengan interpretasi baik. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa setelah pembelajaran flipped classroom melalui pendekatan saintifik mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0.73 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Kelompok prestasi tinggi, sedang dan rendah berturut-turut memperoleh nilai N-Gain 0.73; 0.72; dan 0.75 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian penerapan flipped classroom pada materi koloid dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan pembelajaran bermakna yang ditunjukkan dengan rata-rata daya retensi siswa pada perangkat tes kemampuan berpikir tinggi yaitu 96 yang termasuk ke dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: flipped classroom;koloid;kemampuan berpikir tingkat tinggi
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Nuralimat Hakiah
Date Deposited: 27 May 2022 12:27
Last Modified: 27 May 2022 12:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51544

Actions (login required)

View Item View Item