Pengembangan bahan ajar yang terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi perbandingan : penelitian dan pengembangan terhadap peserta didik kelas vii MTs Al-Mu'awanah - Majalaya

Marjani, Laela Lulu (2021) Pengembangan bahan ajar yang terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi perbandingan : penelitian dan pengembangan terhadap peserta didik kelas vii MTs Al-Mu'awanah - Majalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover[1].pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak[1].pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi[1].pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1[1].pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Penanaman nilai-nilai islam dapat dilakukan melalui pembelajaran matematika. Namun penanaman nilai-nilai islam melalui pembelajaran matematika memerlukan strategi, metode, pendekatan dan teknik yang tepat salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar yang terintegrasi nilai-nilai keislaman. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar yang terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi perbandingan dan untuk mengetahui keefektifan bahan ajar yang terintegrasi nilai-nilai keislaman. Materi yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Metode dalam penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan 4D tahap dalam pengembangan ini yaitu tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Peyebarluasan). Hasil dari analisis data yang diperoleh dari validator diperoleh kriteria sangat layak dengan persentase 92,71% sehingga bahan ajar layak untuk digunakan. Kemudian keefektifan hasil bahan ajar yang dikembangakan ini diperoleh kriteria efektif dengan nilai persentase 65%. Hal ini berarti bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. ENGLISH : Cultivation of Islamic values can be done through learning mathematics. However, the cultivation of Islamic values through learning mathematics requires appropriate strategies, methods, approaches and techniques, one of which is by developing teaching materials that are integrated with Islamic values. The purpose of this research and development is to determine the process of developing teaching materials that integrate Islamic values into comparative materials and to determine the effectiveness of teaching materials that integrate Islamic values. The material developed in this study is a comparison of worth and a comparison of reversed values. The method in this research is R&D with a 4D development model. The stages in this development are the Define, Design, Develop, and Disseminate stages. The results of the analysis of the data obtained from the validator obtained very feasible criteria with a percentage of 92.71% so that the teaching materials are feasible to use. Then the effectiveness of the results of the developed teaching materials obtained effective criteria with a percentage value of 65%. This means that the teaching materials developed by researchers can be used by educators and students in learning activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Bahan Ajar yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman; Pebandingan
Subjects: Education > General Publications of Education
Mathematics > General Publications of Mathematics
Algebra > Algebra Combined with Other Brances
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Laela Lulu Marjani
Date Deposited: 19 May 2022 03:52
Last Modified: 19 May 2022 03:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51236

Actions (login required)

View Item View Item