Bimbingan dalam menangani kecemasan masyarakat pada masa pandemi Covid 19 : Studi penanganan kecemasan oleh ketua RT terhadap warga yang terpapar corona virus di PUP sektor V RT.04/RW.26 Kelurahan Bahagia Babelan Kabupaten Bekasi

Abdillah, Muhammad Abid (2022) Bimbingan dalam menangani kecemasan masyarakat pada masa pandemi Covid 19 : Studi penanganan kecemasan oleh ketua RT terhadap warga yang terpapar corona virus di PUP sektor V RT.04/RW.26 Kelurahan Bahagia Babelan Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlangsung sejak hari Senin, 27 September 2021. Lokasi berlangsungnya penelitian yakni di PUP Sektor V RT.04/RW.26 Kelurahan Bahagia Babelan Kabupaten Bekasi. Dengan warga yang terpapar corona virus dan mengalami kecemasan serta Ketua RT 04 selaku pemberi layanan bimbingan dan konseling yang dijadikan sebagai objek dalam wawancara. Tujuan dari diadakannya penelitian ini yakni untuk mencari tahu proses bimbingan dan konseling dalam menangani kecemasan yang diberikan oleh ketua RT.04 kepada warga yang mengalami kecemasan karena terpapar corona virus, untuk mencari tahu apasaja Media Sosial yang dimanfaatkan pada saat berlangsungnya layanan bimbingan dan konseling dalam menangani kecemasan oleh ketua RT 04, serta apasaja hambatan yang ditemui oleh ketua RT. 04 pada saat berlangsungnya pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam penanganan kecemasan warga dengan pemanfaatan media sosial. Metode yang diaplikasikan didalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dengan tujuan memberikan gambaran yang jelas tentang peran Ketua RT 04 dalam menangani kecemasan warga yang terpapar corona virus dengan yeknik pengumpulan data yang diaplikasikan berupa obeservasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis data yang diaplikasikan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpuan. Penelitian ini menghasilkan proses pelayanan bimbingan dan konseling yang berjalan melalui lima tahapan yakni tahapan sosialisai, tahapan peninjauan, tahapan perjanjian temu, tahapan pebinaan, serta tahapan penilaian. Tahapan tahapan tersebut dilaksanakan guna mendata warga yang terpapar corona virus yang sedang mengalami kecemasan agar dapat ditangani dengan tepat. Media yang dimanfaatkan oleh Ketua RT.04 dalam menyampaikan layanan bimbingan serta konseling kepada warga ini yakni flatform online seperti aplikasi WhatsApp dan Zoom Meeting. Hambatan yang ditemui pada saat pelaksanaan layanan bimbingan serta konseling terdapat dari dua arah yakni secara internal serta eksternal. Hambatan internal berupa gangguan dalam pendengaran dan penglihatan serta terbatasnya waktu dalam pelayanan, hambatan eksternal seperti tidak stabinya jaringan internet yang bisa membuat miss komunikasi. Didalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dengan pemanfaatan media yang terdapat hambatan didalamnya membuat pelaksanaannya menjadi tidak berjalan dengan lancar akan tetapi dari segi penangan kecemasan warga, layanan bimbingan konseling sudah berjalan dengan cukup baik sebab dapat mengurangi kecemasan yang dialami oleh warga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Kecemasan; Media
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Abid Abdillah
Date Deposited: 12 May 2022 06:10
Last Modified: 12 May 2022 06:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/51006

Actions (login required)

View Item View Item