Pengembangan aplikasi Kinetic's berbasis Blended Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis

Abdullah, Kamal (2022) Pengembangan aplikasi Kinetic's berbasis Blended Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang perlu dimiliki oleh peserta didik abad 21. hasil dari studi pendahuluan menyatakan bahwa kuranganya penggunaan media pembalajaran dan rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam proses pembelajaran fisika suhu dan kalor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) kelayakan aplikasi Kinetic’s sebgai media pembelajaran, 2) peningkatan keterampilan berpikir dan 3) respon peserta didik setelah menggunakan aplikasi Kinetic’s. Metode penilitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan menggunakan tahapan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) berdasarkan hasil dari tiga validator memperoleh nilai rata-rata sebesar 82% dengan kategori sangat baik sehingga dapat dinyatakan aplikasi Kinetic’s layak digunakan sebgai media pembelajaran. 2) penggunaan aplikasi Kinetic’s mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan nilai n-gain 0,55% dengan interpretasi sedang. 3) respon peserta didik dari penggunaan aplikasi Kinetic’s memperoleh rata-rata skor keseluruhan penggunaan sebesar 85% dengan interpretasi sangat baik sehingga dapat disimpulan penggunaan aplikasi Kinetic’s sebagai media pembelejaran sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir kritis; aplikasi Kinetic’s; suhu dan kalor;
Subjects: Education, Research
Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Kamal Abdullah
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:33
Last Modified: 22 Apr 2022 03:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50533

Actions (login required)

View Item View Item