Pengembangan E-Portofolio melalui Classdojo sebagai assessment pembelajaran pada materi sistem indera untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Septiani, Riska Nursalma (2022) Pengembangan E-Portofolio melalui Classdojo sebagai assessment pembelajaran pada materi sistem indera untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (752kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy

Abstract

Terbatasnya penggunaan media menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Hal ini menyebabkan pembelajaran tidak berjalan dengan maksimal, proses administrasi yang dilakukan secara offline berubah menjadi online. Salah satu media yang dibutuhkan dalam pembelajaran daring adalah e-portofolio. E-portofolio mendeskripsikan proses dan hasil tugas portofolio peserta didik dalam format elektronik. Selain itu e- portofolio dapat digunakan untuk proses evaluasi peserta didik, evaluasi sejawat, dan evaluasi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-portofolio, menganalisis kelayakan serta mendeskripsikan respon siswa terhadap media e-portofolio melalui ClassDojo. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, lembar wawancara, lembar validasi, angket uji keterbacaan, dan angket respon siswa. Validasi media dilakukan oleh dua dosen pendidikan biologi. Hasil penelitian menunjukkan e-portofolio yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa rata-rata mengalami peningkatan dalam penugasan. Hasil validasi ahli media mendapat persentase 64,07% (valid), ahli assessment mendapat persentase 75% (valid), uji keterbacaan mendapat persentase 88,5% (Sangat Valid), dan respon siswa terhadap e-portofolio mendapat persentase 81,24% (Sangat Baik). Hal ini menunjukan bahwa E-Portofolio melalui aplikasi ClassDojo dilihat dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, kegunaan, tampilan, daya tarik dan uji keterbacaan serta respon dari siswa dan guru menunjukan layak untuk meningkatkan hasil belajar yang digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-Portofolio; Pengembangan; ClassDojo; Assessment
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Riska Nursalma Septiani
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:12
Last Modified: 16 Mar 2022 06:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49629

Actions (login required)

View Item View Item