Manajemen pesan dakwah Islam dalam program televisi Muslim Travelers Net: Analisis deskriptif manajemen pesan dalam program televisi Muslim Travelers Net pada episode Makanan Halal di Korea Selatan dan episode Kisah Anggota Parlemen Pertama di Milan

Anwar, Haerul (2021) Manajemen pesan dakwah Islam dalam program televisi Muslim Travelers Net: Analisis deskriptif manajemen pesan dalam program televisi Muslim Travelers Net pada episode Makanan Halal di Korea Selatan dan episode Kisah Anggota Parlemen Pertama di Milan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah Islam merupakan sebuah urgensi bagi umat Islam, dengan demikian perlu adanya langkah konkrit yang dilakukan agar pesan dakwah dapat diterima secara mudah, teknologi semakin hari semakin canggih pasalnya ini terlihat dari banyaknya media masa bermunculan. Salah satu diantaranya televisi yang berfungsi sebagai media penyampai informasi dan mempunyai daya cukup luas, artinya dengan kelebihan tersebut tak jarang dikalangan masyarakat untuk mendapatkan informasi lebih memilih televisi, karena informasi yang disampaikan oleh televisi berbentuk audio visual. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui upaya pesan dakwah yang dilakukan dalam siaran televisi. penelitian dilakukan untuk dapat memaparkan pesan dakwah dari program televisi Muslim Travelers NET yang dalam programnya tersusun secara struktural dari tema dan skema, akhirnya dikembangkan pada fokus penelitian mengenai konsep pesan dakwah, penerapan pesan dakwah dan juga evaluasi pesan dakwah. Melalui media televisi bisa menjadi sebuah referensi yang menopang penyebaran nilai-nilai Islam. kemudian peneliti ini menggunakan teori Hirarki Pengaruh Isi Media yang ditemukan oleh Shoemaker dan Stephen D. Reese juga menggunakan pula teori manajamen menurut Ricky W Griffin. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif hirarki pengaruh isi pesan media Shoemaker dan Stephen D.Reese dengan teori ini kita dapat memahami pengaruh isi pemberitaan media oleh faktor internal dan eksternal yang dibagi kedalam lima tingkatan, pengaruh individu pekerja media (individual level), pengaruh rutinitas media (media routines level), pengaruh organisasi media (organizational level), pengaruh luar media (outside media level) dan pengaruh luar media (outside media level). Juga analisi menggunakan teori manajemen POAC yakni: Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling.pendekatan kualitatif dirasa tepat karena hasil dokumen dipadukan dengan data hasil wawancara bersama produser. Hasil penelitian pada 2 episode program televisi Muslim Travelers NET yang telah dipilih peniliti memilki dakwah yang diklasifikasikan menjadi 3 katagori yaitu: Pertama, Pesan Aqidah dalam arti tumbuhnya rasa bersyukur atas nikmatnya, Kedua, Pesan Syariah dengan mengadakan kegiatan belajar mengaji untuk anak-anak, membuat komunitas muslim, membuat fasilitas berbentuk aplikasi makanan halal, Ketiga, Pesan Akhlak adanya toleransi terhadapnon-muslim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Program Televisi; Pesan Dakwah; Dakwah di televisi
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Haerul Anwar
Date Deposited: 11 Feb 2022 06:40
Last Modified: 11 Feb 2022 06:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48980

Actions (login required)

View Item View Item