Manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur'an berbasis metode Wahdah : Penelitian di SDIT Abu-Hurairah Sapeken

Mustaqimah, Mustaqimah (2021) Manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur'an berbasis metode Wahdah : Penelitian di SDIT Abu-Hurairah Sapeken. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustakaa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Manajemen pembelajaran memiliki arti penting dalam sebuah proses pendidikan dimana dengan adanya manajemen pembelajaran di harapkan tujuan pembelajaran akan terpenuhi, Dalam kegiatan tersebut diperlukan adanya proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi yang merupakan satu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Penelitian ini dilakukan di SDIT abu-hurairah sapeken, Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk menganalisis perencanaan pembelajaran tahfidz Al-qur‟an berbasis metode wahdah di SDIT Abu-hurairah sapeken, mengetahui pengorganisasian pembelajaran tahfidz Al-qur‟an di SDIT Abu-hurairah sapeken, menganalisis pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-qur‟an berbasis metode wahdah di SDIT Abu-hurairah sapeken, menganalisis evaluasi hasil pembelajaran tahfidz Al-qur‟an berbasis metode wahdah di SDIT Abu-hurairah sapeken. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang di peroleh selama dalam penelitian dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Adapun hasil penelitian ini adalah : 1) Perencanaan pembelajaran tahfidz Al-qur‟an di SDIT abu-hurairah sapeken belum menggunakan silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran akan tetapi masih menggunakan buku target hafalan (buku mutaba‟ah). 2) Pengorganisasian pembelajaran tahfidz Al-qur‟an di SDIT Abu-hurairah sapeken dilakukan melalui beberapa tahapan yang terdiri dari, pembagian tugas oleh kepala sekolah dan pembuatan struktur guru pembimbing pembelajaran tahfidz Al-qur‟an. 3) Pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-qur‟an di SDIT abu-hurairah sapeken dilakukan dalam 4 tahap yang terdiri dari: materi tiap pertemuan, metode yang digunakan, pengelolaan kelas, dan kegiatan belajar mengajar. Dalam pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-qur‟an guru-guru pembimbing hanya menggunakan metode wahdah dan belum menambahkan metode yang lainnya. 4) Evaluasi hasil pembelajaran tahfidz Al-qur‟an di SDIT abu-hurairah sapeken pada kesempatan ini guru-guru pembimbing tahfidz Al-qur‟an tidak memberikan nilai-nilai tertentu, akan tetapi lebih menitik beratkan pada kelancaran hafalan saja. dan tahap evaluasi hasil pembelajaran di SDIT abu-hurairah sapeken juga dilaksanakan pada saat setoran hafalan, evaluasi setoran semester dan evaluasi akhir kelulusan. ENGLISH : Learning management has an important meaning in an educational process where with the existence of learning management it is hoped that learning objectives will be met. In these activities, it is necessary to have a process of planning, organizing, implementing, and evaluating which is a series that cannot be separated from one another. This research was conducted at SDIT Abu-Hurairah Sapeken. The objectives of this study were: to analyze the planning of tahfidz Al-Qur'an learning based on the wahdah method at SDIT Abu-Hurairah Sapeken, to find out the organization of tahfidz Al-Qur'an learning at SDIT Abu-Hurairah Sapeken. hurairah sapeken, analyzing the implementation of tahfidz Al-qur'an learning based on the wahdah method at SDIT Abu-hurairah sapeken, analyzing the evaluation of the results of learning tahfidz Al-qur'an based on the wahdah method at SDIT Abu-hurairah sapeken. The method used in this research is descriptive qualitative. This research is a field research (field research). While the data collection techniques using observations, interviews, and documentation. The data obtained during the study were analyzed by data reduction steps, data presentation, and drawing conclusions. Meanwhile, the validity of the data was tested by using triangulation technique. The results of this study are: 1) The planning of learning the tahfidz Al-qur'an at SDIT Abu-Hurairah Sapeken has not used the syllabus, and the learning implementation plan but still uses the rote target book (mutaba'ah book). 2) Organizing tahfidz Al-qur'an learning at SDIT Abu-hurairah sapeken is carried out through several stages consisting of, division of tasks by the principal and making the structure of the tutor for tahfidz Al-qur'an learning. 3) The implementation of tahfidz Al-qur'an learning at SDIT abu-hurairah sapeken is carried out in 4 stages consisting of: material for each meeting, methods used, class management, and teaching and learning activities. In the implementation of tahfidz Al-qur'an learning, the supervising teachers only use the wahdah method and have not added other methods. 4) Evaluation of the learning outcomes of tahfidz Al-qur'an at SDIT abu-hurairah sapeken on this occasion the tutors of tahfidz Al-qur'an did not give certain values, but focused more on memorizing fluency. and the evaluation stage of learning outcomes at SDIT Abu-Hurairah Sapeken is also carried out at the time of rote deposit, semester deposit evaluation and final evaluation of graduation. ARAB : ػ ثؼع بٓ انجؼط . أ ذْاف زْا انجحث ْٙ: صٔف انزخطٛػ أنز فُٛز أنزمٛٛى أنؼ إيم انذاػ خً انزٙ رؼٛك رؼهى رحفٛع انمشآ ػه غشٚمخ إن حذح فٙ يؼ ذٓ أث شْٚشح أث شْٚشح عجك .ٍ انطشٚمخ ان غًزخذيخ فٙ زْا انجحث صٔفٛخ كٛفٛخ. رى إخشاء زْا انجحث فٙ يشكض يؼ ذٓ أث شْٚشح عجكٍ أث شْٚشح عجك .ٍ كب ذَ ان ظًٕ ػٕبد فٙ زْ انذساعخ ْٙ يذسط رحفٛع انمشآ فٙ يؼ ذٓ أث شْٚشح أث شْٚشح عجك ،ٍ كٔب ان خًجش إن ذًٚش ، سٔئٛظ ان بًُ حْ ، ثٛ بًُ كب ذَ رم ُٛبد خ غً انجٛب بَد ان غًزخذيخ ْٙ ان مًبثلاد أن لًاحظخ أنز ثٕٛك. رم ُٛخ رحهٛم انجٛب بَد ان غًزخذيخ ْٙ رًَٕج رفبػهٙ ٚزك ي ٣ يك بَٕد نزحهٛم انجٛب بَد ، ْٙٔ رمهٛم انجٛب بَد ػٔشض انجٛب بَد أعزخلاص ان زُبئح. رشٛش زَبئح انجحث إن أ :ٌ ) ١( رخطٛػ رًَٕج رحفٛع انمشآ فٙ يؼ ذٓ أث شْٚشح أث شْٚشح عجكٍ نى ٚغزخذو ان حًُٓ خٔطخ انذسط نٔك لا ٚضال ٚغزخذو كزبة ان ذٓف انزحفٛع ) كزبة ان طًجؼخ( رٔؼهى رحفٛع انمشآ يذسج أٚ ع ب فٙ ي ظٕ ػٕبد ان حًز إن حًهٙ. ) ٢( ٚزى ر فُٛز رط ٕٚش رؼهٛى رحفٛع انمشآ فٙ يؼ ذٓ أث شْٚشح أث شْٚشح عجك أث شْٚشح عجك ػه خ ظً يشاحم ، ْٙٔ: يبدح كم اخز بًع ، أنطشٚمخ ان غًزخذيخ ، إٔداسح انفصم ، أٔ شَطخ انزذسٚظ أنزؼهى ، رًَٕج رحفٛع انمشآ انزؼهٛ ًٙ ، فٙ انز فُٛز ، ٚغزخذو رؼهى رحفٛض ان ؼًهى غشٚمخ إن حذح نٔى ٚعف أ غشق أخش .ٖ ) ٣( ٚزى رمٛٛى يخشخبد انزؼهى نزحفٛض انمشآ فٙ يشكض ) أث شْٚشح عجك فٙ لٔذ الإٚذاع ػ ظ شٓ لهت ، رٔمٛٛى إٚذاع انفصم انذساعٙ أنزمٛٛى ان بُٓئٙ نهزخشج. ) ٤ انؼ إيم انذاػ خً أن ثًجطخ ْٙ: انؼ إيم انذاػ خً: يذسع ي خشٚدٙ يذسعخ رحفٛع انمشآ الإعلايٛخ انذاخهٛخ ، غشف رؼهى آي خُ ئشٚحخ ، ثٛ بًُ انؼ إيم ان ثًجطخ ْٙ: صؼ ثٕخ انحص لٕ ػه أػعبء ْٛئخ رذسٚظ ي انخشٚدٛ .ٍ ان ذًسعخ انذاخهٛخ الإعلايٛخ ، أنشؼ سٕ ثبنكغم انز ٚغ دٕ انطلاة ، ػٔذد انطلاة ْٛٔئخ انزذسٚظ انزٚ نٛغ إ يثبنٛٛ ، كٔزنك لذساد انطلاة ان خًزهفخ فٙ انحفع .

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Tahfidz Al-qur’an; Metode wahdah
Subjects: Administration of The Physical Plant
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mustaqimah Mustaqimah
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:59
Last Modified: 08 Feb 2022 03:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48759

Actions (login required)

View Item View Item