Pengaruh Reward terhadap pembentukan karakter anak usia dini : Penelitian kuantitatif pada kelompok A RA Uswatun Hasanah Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang

Kania, Dewi (2021) Pengaruh Reward terhadap pembentukan karakter anak usia dini : Penelitian kuantitatif pada kelompok A RA Uswatun Hasanah Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan,yaitu adanya permasalahan mengenai sikap dan perilaku anak yang kurang baik di kelompok A RA Uswatun Hasanah. Upaya guru dalam membentuk karakter anak di kelompok A RA Uswatun Hasanah ini dilakukan dengan pemberian hukuman. Namun efek yang ditimbulkan adalah anak semakin hiperaktif dan suasana belajar yang semakin kurang kondusif. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembentukan karakter anak melalui pemberian hukuman kurang sesuai. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pembentukan karakter anak sebelum diterapkan reward; (2) pembentukan karakter anak sesudah diterapkan reward.; dan (3) pengaruh reward terhadap pembentukan karakter anak usia dini. Reward merupakan proses pembelajaran yang sangat penting terutama pada faktor eksternal dan internal, karena anak sedang melakukan pembelajaran atau perubahan tingkah laku. Hal ini mempunyai peran yang sangat besar bagi pembentukan karakter anak, karena adanya dorongan dan kebutuhan dalam proses pembelajaran yang dapat menstimulasi serta mengarahkan anak pada pembentukan karakter anak yang baik. Dengan demikian melalui metode pembiasaan lambat laun karakter anak mulai membentuk sebuah pola, baik itu pikiran, perasaan, sikap, maupun tindakan, yang melekat pada diri seseorang dengan sangat kuat dan sulit dihilangkan. Metodologi penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan test sebanyak dua kali, yaitu sebelum diberikan treatment (pretest) dan setelah diberi treatment (posttest). Analisis data dilakukan secara kuantitatif melalui teknik sampling dengan sampel jenuh, karena jumlah populasi kurang dari 30 orang. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket terbuka yang diisi oleh guru untuk memberikan informasi mengenai perkembangan karakter anak, observasi untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan, wawancara dengan orang tua serta guru untuk mengetahui kendala dalam proses pembentukan karakter anak, serta studi literature untuk menemukan solusi. Proses analisis data dilakukan dengan uji analisis parsial, uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebelum diterapkan reward (pretest) adalah sebesar 56,5 dengan kategori kurang dan nilai rata-rata setelah diterapkan reward (posttest ) adalah sebesar 82,5, dengan kategori sangat baik. Perbedaan nilai rata-rata antara pretest dan posttest ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan pula dengan uji hipotesis Mann Whitneey bahwa Uhitung < Utabel dengan nilai Uhitung = -52 dan pada Utabel = 43. Artinya Ha diterima dan terbukti bahwa terdapat pengaruh reward terhadap pembentukan karakter anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Reward;Pembentukan Karakter;Anak Usia Dini
Subjects: Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Dewi Kania
Date Deposited: 04 Feb 2022 01:05
Last Modified: 04 Feb 2022 01:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48675

Actions (login required)

View Item View Item