Pembelajaran matematika menggunakan metode POE (Predict, Observe, Explain) berbantuan aplikasi kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa : Penelitian di SMA Negeri 13 Bandung

Ponna, Afra Siti Annisa (2021) Pembelajaran matematika menggunakan metode POE (Predict, Observe, Explain) berbantuan aplikasi kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa : Penelitian di SMA Negeri 13 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis siswa didalam pembelajaran matematika tergolong masih rendah. Dengan menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran matematika menggunakan Metode POE berbantuan Aplikasi Kahoot untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 13 Bandung. Data didapat dari instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa, lembar observasi aktivitas, lembar angket skala sikap, dan wawancara. Hasil analisis data dan pembahasan memiliki kesimpulan bahwa: (1) gambaran aktivitas guru dan siswa yang dikategorikan sangat aktif dengan aktivitas guru mendapatkan rata-rata persentase pada Siklus I sebesar 85,72% dan pada Siklus II sebesar 100%. Sementara aktivitas siswa mendapatkan rata-rata persentase pada Siklus I sebesar 80,29% dan pada Siklus II sebesar 100%; (2) hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebelum menggunakan Metode POE mendapatkan rata-rata sebesar 44,4 dengan kategori rendah; (3) hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah menggunakan Metode POE berbantuan Aplikasi Kahoot pada Siklus I mendapatkan rata-rata sebesar 59,12 dengan kategori rendah dan pada Siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata sebesar 75 dengan kategori tinggi; (4) gambaran sikap siswa setelah menggunakan Metode POE dengan bantuan aplikasi Kahoot yang dikategorikan cukup baik dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode POE; Aplikasi Kahoot; Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; PTK
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Afra Siti Annisa Ponna
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:52
Last Modified: 28 Jan 2022 07:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48499

Actions (login required)

View Item View Item