Penerapan kelas multikultural dalam meningkatkan kualitas keturunan umat beragama: Studi pada Sekolah Menengah Kejuruan Bakti Karya Parigi, Pangandaran Jawa Barat

Atin, Atin (2020) Penerapan kelas multikultural dalam meningkatkan kualitas keturunan umat beragama: Studi pada Sekolah Menengah Kejuruan Bakti Karya Parigi, Pangandaran Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Multikulturalisme merupakan/istilah yang digunakan untuk menjelaskan pandangan tentang ragam kehidupan di dunia, atau/.kebijakan kebudayaan yang menekankan penerimaan tentang adanya keragaman, kebhinekaan, pluralitas, sebagai realitas utama dalam kehidupan masyarakat menyangkut nilai-nilai, sistem sosial-budaya, dan politik yang mereka anut. Sekolah Menengah Kejuruan Bakti Karya parigi merupakan sebuah sekolah yang mengusung tema multikultural dalam setiap pembelajarannya baik dalam pembelajaran di kelas maupun di luar pembelejaran kelas. SMK Bakti Karya mengusung slogan multikultural karena berupaya untuk merealisasikan kebhinekaan yang ada di Indonesia, bahwa semua orang berhak mendapatkan pendidikan tanpa melihat ras, agama, dan sosial budaya, serta keadaan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kelas multikultural dalam meningkatkan kerukunan umat beragama khususnya dalam menjaga kebhinekaan Indonesia pada generasi muda. Metode yang digunakan dalam langkah – langkah penelitian ini ialah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan cara melakukan pengamatan langsung terhadap tempat objek yang diteliti serta melakukan wawancara kepada beberapa siswa, guru dan kepala sekolah. Serta mengumpulkan data yang berisi beberapa keterangan serta penjelasan berdasarkan dari buku – buku yang didapat sebagai sumber literature yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian yang didapat menunjukan bahwa siswa sesudah belajar di kelas multikultural merasa lebih terbuka dan toleran terhadap perbedaan dan lebih menerima keragaman yang di miliki oleh tanah air Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan berbagai usaha yang sudah dilakukan seperti dalam berkehidupan di sekolah, asrama dan dengan masyarakat sekitar ataupun peneliti. ENGLISH: Multiculturalism is a term used to describe views about the variety of life in the world or Cultural policies that emphasize acceptance of diversity, diversity, plurality, as the main complexities in people's lives, values, socio-cultural systems, and the politics they profess . School Bakti Parigi Vocational is a school that carries a multicultural theme in each of its learning both in learning in the classroom and outside the classroom learning. Bakti Karya Parigi Vocational School carries a multicultural slogan because it supports the realization of diversity in Indonesia, so that everyone has the right to get education regardless of race, religion, socio-culture, and economics. This study discusses how to bring up multicultural classes in enhancing religious harmony, especially in increasing the diversity of Indonesia in the younger generation. The method used in the steps of this research uses qualitative research methods. Researchers collected data by conducting direct observations of requested tourist attractions and conducting interviews with several students, teachers and school principals. As well as collecting data that contains several explanations as well as an explanation of the books obtained from literature sources related to research. The results obtained show that students who study in multicultural classes accept more and are tolerant of differences and more accept the diversity needed by the Indonesian homeland. This is proven by various efforts that have been made such as in living in schools, dormitories and with the surrounding community if researchers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: SMK Bakti Karya Parigi; Kelas Multikultural
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: ATIN ATIN
Date Deposited: 31 Jan 2022 07:09
Last Modified: 31 Jan 2022 07:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48388

Actions (login required)

View Item View Item