Model retorika Syakir Daulay : Penelitian terhadap akun YouTube Visual TV Live Serial Tabayyun Ramadan 2018

Novianda, Mira (2021) Model retorika Syakir Daulay : Penelitian terhadap akun YouTube Visual TV Live Serial Tabayyun Ramadan 2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (232kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (298kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (391kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (556kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy

Abstract

Agama Islam merupakan agama yang selalu mengajak juga memerintahkan seluruh umat-Nya untuk senantiasa berdakwah. Seiring dengan perkembangan zaman, dakwah tidak hanya dilakukan secara tradisional mimbar ke mimbar. Salah satunya melalui aplikasi berbagi video yaitu youtube. Syakir Daulay adalah seorang aktor dan penyanyi populer asal Bireuen, Aceh yang merambah juga di dunia dakwah. Dengan usianya yang tergolong masih muda, ia dapat terjun ke dalam dunia dakwah yang dipublikasikan melalui kanal youtube Visual TV Live serial Tabayyun Ramadan 2018 dengan gaya yang khas dalam menyampaikan dakwahnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya retorika Syakir Daulay. Yang menjadi fokus penelitian ini adalah gaya bahasa, gaya nada atau intonasi dan gaya gerak tubuh/gesture yang ditampilkan oleh Syakir Daulay dalam video ceramah yang dipublikasikan dikanal youtube Visual TV Live serial Tabayyun Ramadan 2018. Menggunakan landasan pemikiran retorika Aristoteles yang menyebutkan bahwa terdapat tiga bab dalam retorika, yaitu ethos (menakhlikkan budi pekerti seorang komunikator yang dapat terlihat dari caranya berkomunikasi), pathos (menakhlikkan penilaian emosional massa dengan pendekatan psikologi massa), dan logos (menakhlikkan pengumpulan ungkapan atau perkataan dari seorang pembicara). Dari teori ini dapat memudahkan penulis dalam penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian skripsi ini adalah rekaman video ceramah Syakir Daulay dalam kanal youtube Visual TV Live pada serial Tabayyun Ramadan 2018. Kemudian sumber data sekunder didapatkan melalui media internet, sosial media Syakir Daulay, dan yang lainnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini juga adalah observasi dan dokumentasi dengan meneliti video ceramah Syakir Daulay yang dipublikasikan di youtube. Pengamatan dari hasil penelitian retorika ceramah Syakir Daulay didapatkan hasil berupa gaya bahasa yang digunakan adalah gaya bahasa pleonasme dan gaya bahasa aliterasi. Syakir Daulay juga menggunakan nada atau intonasi yang rendah, sedang dan tinggi seperti yang umum digunakan oleh da’i yang lain juga memberikan jeda-jeda pada bagian tertentu pada kalimat yang disampaikan agar lebih mudah dipahami oleh mad’u. Dan yang terakhir gaya gerak tubuh/gesture Syakir Daulay dalam menyampaikan isi materi dakwahnya dengan sikap badan duduk di atas kursi dan dengan sikap posisi berdiri dengan tegap dan tenang. Dengan memberikan ekspresi wajah tersenyum untuk menarik perhatian dan memberikan suasana yang tenang. Menggerakkan tangannya untuk memperkuat isi materi dakwah yang disampaikan. Juga menggunakan pakaian yang rapi dan santai saat menyampaikan dakwahnya melalui video.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Retorika; Youtube; Syakir Daulay
Subjects: Communications Telemunications
Rhetoricand Collections of Literary
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mira Novianda
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:55
Last Modified: 10 Jan 2022 04:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47650

Actions (login required)

View Item View Item